495 Mustahik se-Kecamatan Tambora terima bantuan ZIS

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jakarta – Sebanyak 495 kaum mustahik se-Kecamatan Tambora menerima pendayagunaan dana Zakat, Infaq dan Shadaqah (ZIS) Baznas (Bazis) DKI Jakarta di halaman kantor Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, Rabu (22/1/2020).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Asisiten Administrasi dan Kesehjateraan Rakyat Jakarta Barat, Amin Haji. Ia mengatakan bahwa santunan yang diberikan Baznas (Bazis) DKI Jakarta merupakan merupakan hasil penghimpunan dana ZIS masyarakat yang disalurkan kembali melalui program Baznas (Bazis) Jakarta Barat. Salah satu diantaranya santunan dana ZIS buat kaum mustahik.

Harapannya kaum mustahik yang menerima santunan tersebut bisa memanfaatkannya dengan baik.

“Kita berharap dana ZIS yang disalurkan dapat bermanfaat. Karena dana ini dihimpun dari penerimaan zakat penghasilan 2,5% para ASN, para camat, lurah, RT dan RW serta masyarakat untuk diserahkan kembali untuk membantu kaum mustahik,” ungkapnya.

Kepala Baznas (Bazis) DKI Jakarta, KH Ahmad Lutfhi Fathullah menjelaskan hasil pendayagunaan dana ZIS tersebut diperoleh dari penghimpunan dana zakat penghasilan 2,5% para ASN Pemprov DKI Jakarta. Nilai dana yang dihimpun mencapai Rp 200 milyar di tahun 2019.

Selain itu, Baznas (Bazis) DKI Jakarta juga memberikan bantuan kepada mereka yang mengalami cacat fisik, seperti kursi roda, tangan palsu, hingga bantuan pembuatan izasah.

“Baznas (Bazis) DKI Jakarta juga menyalurkan bantuan kepada warga yang terdampak banjir,” paparnya.

Sementara itu, camat Tambora, Bambang Sutarna mengharapkan agar warga yang menerima santunan ZIS dapat bermanfaat dan memotivasi para guru dalam meningkatkan pendidikan. Dengan demikian, anak-anak didik juga termotivasi dalam mengikuti pelajaran.

Pada kesempatan yang sama, koordinator Baznas (Bazis) DKI Jakarta, Khairul, menerangkan bahwa kaum mustahik yang menerima bantuan dana ZIS di wilayah Tambora terdiri dari 146 guru ngaji, 50 guru honorer, 78 guru TPA, 97 marbot, dan 124 kaum dhuafa. Total keseluruhan 495 kaum mustahik. “Masing-masing menerima bantuan Baznas (Bazis) senilai satu juta rupiah,” ujarnya.

Pemberian santunan dana ZIS ditandai secara simbolis yang diserahkan oleh Asisten Adkesra, Amin Haji kepada para mustahik.

 

 

Reporter : Madalin

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *