Awal Februari ini Polda Metro Jaya terapkan tilang elektronik

  • Whatsapp

MITRAPOL.com – Jakarta – Bersiap-siaplah para pengguna kendaraan bermotor, kususnya pengendara roda dua (Motor). Ditlantas Polda Metro Jaya mulai akan memberlakukan penindakan dengan system tilang Elektronik (E-TLE) dibeberapa titik wilayah ibu Kota Jakarta mulai awal Februari mendatang.

Menurut penjelasan Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes. Pol. Yusuf, S.I.K., M.Si., kegiatan ini akan kita laksanakan serentak dibeberapa jalur yang di situ terpasang kamera e-TLE, dimana nanti jika terjadi pelanggaran akan dilakukan penindakan, adapun untuk saat ini jenis pelanggaran yang pertama adalah tidak memakai helm, kemudian yang kedua adalah pelanggaran terhadap marka jalan dan ketiga menerobos lampu merah.

Muat Lebih

“Mulai (01/02/2020) ini kami akan laksanakan penindakan terhadap pelanggar lalulintas dengan sistem e-TLE kepada para pengemudi sepeda motor dan kami akan langsung melakukan penindakan, jenis pelanggaran yang pertama adalah tidak memakai helm, kemudian yang kedua adalah pelanggaran marka jalan dan ketiga menerobos lampu merah” jelas Yusuf di ruang TMC Polda Metro Jaya, Senin (27/01/2020).

Menurut Yusuf, ketiga pelanggaran ini merupakan penyebab dari pada kemacetan yang terjadi di beberapa wilayah Jakarta.

“Tiga pelanggaran ini kita fokuskan di sana karena ini salah satu penyebab dari pada kemacetan di Jakarta,” ujar Yusuf

Lanjutnya, “Pemberlakuan sistem tilang e-TLE untuk sepeda motor ini, akan mulai diberlakukan pada wilayah, mulai Kota Yua, Hayam Wuruk, Gajah Mada kemudian medan merdeka barat sampe dengan nanti jalan Thamrin dan Sudirman, sampe Blok M, ditambah nanti dari Grogol sampai Gatot Subroto, MT Haryono sampe dengan Halim, jalan Rasuna Said atau Kuningan, kemudian jalan DI Panjaitan sampai simpang Perintis Kemerdekaan, Cempaka Putih.”

Yusuf juga menjelaskan, nantinya dengan sistem ini sama seperti pada penindakan e-TLE pengemudi roda empat, dimana alamat yang sudah tercapture di kamera ini datanya ada kita kirim, dari pemberitahuan kepada alamat tersebut akan dijelaskan bahwa pada tanggal sekian saudara melakukan pelanggaran lalulintas.

“Untuk saat ini jenis pelanggaran tersebut belum ditindak, hanya pemberitahuan saja, namun nanti mulai (01/01/2020) akan langsung melaksanakan penindakan, prosedurnya sama seperti kita melaksanakan penindakan etle untuk roda empat kemarin,” kata Yusuf.

Rencananya dirlantas akan melakukan pembelokiran terhadap STNK pelanggar jika tidak merespon.

(BS)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *