Pembangunan perumahan hampir rampung, PT.MSI diduga langgar aturan perda Kota Metro

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Metro Lampung – PT. MSI selaku pengembang perumahan elit diduga telah melanggar perda Kota Metro. Pasalnya perumahan yang berada di Jl.Imam Bonjol Hadimulyo Barat Kota Metro tersebut belum memiliki plang IMB dari dinas perizinan Kota Metro.

Informasi yang berhasil dihimpun dari pihak pengembang (developer) sudah mengurus IMB-nya ke kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PMPPTSP) Kota Metro, tetapi belum terbit.

“Mengenai surat izin pembangunan menjadi dua,untuk ruko yang didepan sudah ada izin.Tapi untuk perumahan sebanyak 29 unit,surat IMB masih dalam pengurusan,” ungkap Jinggo selaku pengawas saat ditemui tim Mitrapol, Jum’at (24/01/20).

Hal senada diungkapkan Ngadiyo salah satu petugas pelayanan perizinan satu atap Kota Metro, ia mengatakan bahwa mengenai izin perumahan PT.MSI masih dalam proses.

“Kalau perizinan PT. MSI ada dua,ruko yang didepan sudah ada,tetapi izin perumahan masih diajukan dan masih dalam proses.Kemarin sudah dirapatkan sepertinya masih terganjal di PU.Saya kurang jelas apa masalahnya,silahkan tanyakan saja ke Sat Pol PP, ungkap Ngadiyo.

Atas petunjuk tersebut, kemudian tim menemui Ali selaku Kasi Penegakan Perda Sat.Pol PP Kota Metro,ia mengatakan terkait pengembang perumahan PT. MSI sudah dilakukan peninjauan ke lokasi.

“Kami bersama tim Camat, Lurah, Dinas Perizinan sudah turun ke lokasi pembangunan perumahan, memang benar untuk IMB masih diajukan tetapi belum selesai. Namun secara prosedur didalam penegakan Perda, ada tahapan yang harus dijalani. Saat ini sudah dilakukan teguran melalui surat, lalu satu minggu kemudian kami turun meninjau kembali dan jika nanti terbukti ada pelanggaran pasti akan ada denda sesuai aturan perda Kota Metro,” jelas Ali.

Persoalannya adalah saat ini sepertinya aparat pemerintah ditingkat bawah (Lurah dan Camat) terkesan tutup mata. Terbukti pembangunan PT. MSI hampir selesai, namun surat izin IMB (Izin Mendirikan Bangunan) belum dikantongi (dalam proses). Artinya jangka waktu pembangunan tentu sangatlah lama. Ada dugaan pengusaha (PT.MSI) mengabaikan aturan, Karena jelas suatu kewajiban bagi developer/pengusaha sebelum mendirikan suatu bangunan harus mengantongi izin baik lingkungan masyarakat maupun aturan pemerintah.

Terkait hal ini, perlu ada sanski tegas dari pemimpin Kota Metro kepada jajarannya.Sehingga kedepan tidak ada lagi pengusaha( developer ) mengabaikannya dan aturan Perda Kota Metro ditaati.

 

 

TIM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *