Dit Polairud Polda Kaltara gagalkan pengiriman TKI Ilegal

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Nunukan Kaltara – Unit Intel Dit Polairud Polda Kaltara berhasil menggagalkan pengiriman TKI Ilegal. Jum’at (24/1) di perairan Sebatik Kabupaten Nunukan. Kalimantan Utara

Kepala Operasional Dit apolairud Polda Kalimantan Utara Kombes Pol Heri Sasongko didampingi Kompol Kalvin jabatan menjelaskan, jajaranya berhasil menggagalkan tindak pidana orang perseorangan memberangkatkan Warga Negara Indonesia untuk bekerja di Malaysia tanpa ijin dari pejabat yang berwenang dan penyelenggara keimigrasian.

Asizah bin udin Als Iksan, warga Kampung Sungai Melayu Pulau Sebatik Malaysia telah berupaya memberangkatkan Warga Negara Iindonesia (WNI) tanpa dilengkapi dokumen resmi untuk bekerja ke Malaysia melalui Pelabuhan Sadewa lama dengan menggunakan Speed Boat.

Kronologisnya, pada Jumat tanggal 24 Januari 2020 sekira pukul 14.00 WITA, Unit Intelair Subdit Gakkum Dit Polairud Polda Kaltara melakukan penyelidikan di wilayah Perairan Sebatik Kabupaten Nunukan pada titik koordinat 4°09’723″LU 117°54’839″BT melakukan pemeriksaan terhadap speed boat dengan mesin yamaha berkekuatan 85 PK yang membawa penumpang sebanyak 9 orang yang akan di berangkatkan ke Tawau Malaysia tanpa dilengkapi dengan dokumen yang sah.

Tersangka Aziza Bin Udin alias Iksan memberangkatkan mereka untuk bekerja ke Malaysia dengan meminta biaya atau tarif sebesar 250 RM atau 1.000.000 (Satu juta rupiah ) dan biaya tranportasi tersebut dibayarkan kepada pengurus.

Tersangka akan dituduhkan dengan Pasal 120 ayat (2) Undang -Undang RI Nomor 6 tahun 2011 tentang keimigrasian subsider pasal 81 UU RI No.18 tahun 2017 tentang perlindungan pekerja migran Indonesia.

 

 

Reporter : Yuspal

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *