Lanal Sibolga evakuasi korban bencana banjir dan tanah longsor di Tapanuli Tengah

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Sibolga – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Sibolga berhasil menemukan 4 (empat) orang jenazah korban tanah longsor di Desa Sijungkang, Dusun Bonan Dolok, Kecamatan Andam Dewi, Kabupaten Tapanuli Tengah, Rabu (29/1/2020).

Akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah sejak selasa sore sampai malam hari mengakibatkan aliran Sungai Aek Sirahar meluap sehingga terjadi banjir di wilayah Kecamatan Barus dan berdampak dibeberapa tempat diantaranya Kelurahan Padang Masiang, Pasar Barus, Pasar Tarandam, dan Desa Kinali.

Menyikapi hal tersebut, Komandan Lanal Sibolga Letkol Laut (P) Andris Benhard Marimbun Simaremare memerintahkan anggota Lanal Sibolga terjun ke lapangan yang terkena dampak banjir dengan menggunakan perahu karet dan bergabung dengan Tim SAR lainnya dari Koramil Barus, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Polsek Barus, dan Basarnas untuk membantu evakuasi warga.

Hujan deras tersebut juga mengakibatkan jalan di Dusun Bonan Dolok Sijungkang terputus karena jalan patah dan longsor ke sungai di Muara Suhat Kecamatan Andam Dewi Tapanuli Tengah dan menimbulkan 4 korban jiwa yang tertimbun tanah longsor.

Sampai saat ini, kondisi air di Pasar Barus sudah berangsur-angsur surut dan masyarakat mulai kembali ke rumah masing-masing melaksanakan perbaikan dan pembersihan rumah sisa air dan lumpur banjir. Sementara, Tim SAR Lanal Sibolga masih terus melaksanakan pemulihan kondisi dan membantu masyarakat yang terkena dampak bencana banjir dan tanah longsor di wilayah Tapanuli Tengah.

 

 

Reporter : Desy

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *