Kasi Humas Polsek se-Kabupaten Bandung diberi Ilmu Jurnalistik oleh Jurnalis Polda Jabar

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Kab. Bandung, – Untuk meningkatkan kemampuan personel Humas dalam bidang penulisan jurnalistik, jajaran Kasi Humas Polsek se-Kabupaten Bandung mengikuti pelatihan jurnalistik yang digelar di Polrestabes Bandung, Kamis (30/1/2020).

Hadir sebagai narasumber dalam pelatihan tersebut salah satu Jurnalis Polda Jabar di Bandung, Agus Waahyudin SE Korwil Jabar Media 86News.co.

Dalam kesempatan tersebut Agus Wahyudin, SE memaparkan secara panjang lebar tentang teknik menulis berita. Mulai dari mengumpulkan data, melakukan pengamatan, hingga menyusun menjadi sebuah berita. Jurnalis Polda Jabar ini juga memaparkan teknik-teknik membuat judul yang bisa memikat hati pembaca.

Para peserta cukup antusias. Hal itu terlihat adanya sejumlah pertanyaan dari para Humas Polsek jajaran Polresta Bandung terkait materi itu.

Hasilnya cukup memuaskan. Para Kasi Humas sanggup menuliskan laporan layaknya seorang wartawan. Mereka sudah bisa membuat judul, menyusun lead atau teras berita, hingga menyusun menjadi berita yang sesuai dengan kaidah jurnalistik. “Dari tugas tersebut kita bisa mengetahui bahwa rata-rata sudah bisa menuliskan peristiwa menjadi berita,” kata Agus Wahyudin, SE saat diwawancara dalam kegiatan Kopdar Wartawan, Sabtu (01/02/2020).

Kapolrestabes Bandung Polda Jabar Kombes Pol Hendra Kurniawan, SIK

Selain menyampaikan materi tentang jurnalistik, Agus Wahyudin, SE juga memaparkan tentang perkembangan pers dewasa ini. Menurut Agus Wahyudin, SE, seiring perkembangan teknologi, menulis dan membuat laporan peristiwa bukan lagi monopoli wartawan. Namun semua orang bisa melakukan. Apalagi, ditunjang dengan suburnya perkembangan media sosial.

“Orang ingin menjadi presenter, cukup membuat akun di youtube, orang ingin membuat tulisan panjang bisa melalui blog, orang ingin berkomentar bisa dilakukan di facebook. Itu karena adanya perkembangan teknologi informasi yang cukup pesat,” ungkapnya.

Selain Agus, ada beberapa rekan Meda lain seperti Dian (Wartawan Buser Bhayangkara 74), Kris (Media Top Jabar), Yatiman (Media Jooernal Inakor), Yadi (Media Patroli Cyber), Dadang (Pemred Media Mitrapol), Heri (Media Globalcybernews) dan Sandi (Media Wartanusa), mereka sama-sama berharap seluruh peserta benar-benar bisa menyerap ilmu dan materi-materi yang disampaikan pada waktu pemberian materi, sehingga setelah pelatihan bisa membuat berita yang sesuai dengan kaidah jurnalistik.

Dian (Media Buser Bhayangkara 74) menyampaikan, Kasi Humas di masing-masing Polsek jajaran itulah nantinya yang menjadi ujung tombak dalam menyampaikan informasi seputar kegiatan di wilayahnya.

Sementara Pemimpin Redaksi Mitrapol Dadang mengungkapkan, mudah mudahan kegiatan ini bisa diikuti oleh semua Polres atau Polresta, apalagi setiap Polres berlomba untuk menjadi yang terbaik dan ditunjang dengan kemitraan dengan media media yang sudah terdaftar di IMM.

“Ini akan menjadi modal Polres atau Polresta untuk meningkatkan kinerja humas dan bukan hanya sebagai ajang untuk memilih yang terbaik, akan tetapi penyaluran informasi di tiap Polsek akan bisa lebih tercerna apabila para Humas Polsek sudah bisa penulisan seperti layaknya seorang jurnalistik dan ditunjang dengan kemitraan dengan media,” tambahnya.

“Setiap hari banyak sekali kegiatan yang dilakukan. Nah, kegiatan-kegiatan itulah yang harus didokumentasikan dan ditulis sebagai berita. Inilah tugas Kasi Humas, karena sudah mendapatkan pelatihan penulisan berita,” pungkas Dadang

Kapolrestabes Bandung Polda Jabar Kombes Pol Hendra Kurniawan, SIK mengungkapkan,“Dengan adanya pelatihan meskipun dengan waktu singkat, para Kasi Humas Polsek Jajaran Polresta Bandung Polda Jabar bisa membuat berita yang sesuai dengan kaidah jurnalistik, dan saya juga apresiasi karena kegiatan ini salah satu pogram dari Tujuh Pogram Kapolri yaitu Pemantapan Manajemen Media,” ujarnya.

Kapolrestabes Bandung Polda Jabar Kombes Pol Hendra Kurniawan, SIK menjelaskan,“Adapun tujuh program prioritas Kapolri adalah, (1) Mewujudkan SDM unggul, (2) Pemantapan Harkamtibmas (Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat), (3) Penguatan penegakan hukum yang profesional dan berkeadilan, (4) Pemantapan manajemen media, (5) Penguatan sinergi polisional, (6) Penataan kelembagaan, (7) Penguatan pengawasan,” tandasnya.

 

 

Red

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *