Aiptu Indrawan sosok Bhabinkamtibmas yang tak kenal lelah, humanis dan elegan

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Makassar — Di akhir pekan, Cuaca di Kota Makassar diliputi mendung dan hujan deras yang mengguyur sepanjang hari. Akan tetapi tidak mengurangi dan menyurut semangat salahsatu Bhabinkamtibmas ini.

Adalah sosok seorang perwira berpangkat Aiptu Indrawan tetap menjalankan tugas sebagai Bhabinkamtibmas di kelurahan, dilingkungan dimana Dia bertugas.

Aiptu Indrawan namanya, Bhabinkamtibmas Sambung Jawa Polsek Mamajang yang tanpa kenal lelah menyambangi warganya yang tinggal di daerah pinggiran untuk mengetahui lebih dekat kondisi wilayahnya tersebut. Minggu. (02/02/2020).

Pasalnya Selama ini warga yang tinggal di daerah pinggiran kurang mendapat perhatian terutama masalah kamtibmas. Sehingga bila terjadi konflik sosial, tidaklah mudah untuk menyelesaikannya.

Nah, di sinilah yang menjadi perhatian Aiptu Indrawan semenjak ditugaskan di Kel. Sambung jawa pertama kali yang disambangi adalah warga pinggiran.

Dengan penuh kesabaran Aiptu Indrawan selalu memberikan Pemahaman agar warganya mematuhi hukum, tidak melakukan perbuatan yang bisa merugikan orang lain dan menjaga hubungan kehidupan bertetangga tetap harmonis.

“Sampaikan bila ada masalah terjadi janganlah bertindak sendiri atau main hakim sendiri,” ujar Indrawan kepada warga yang disambanginya.

Iapun meminta hubungi dirinya dikala ada yang membutuhkan.

“Hubungi saya selaku Bhabinkamtibmas disini atau aparat keamanan terdekat,” pintanya.

Dalam penampilan sehari-hari yang sederhana Aiptu Indrawan bertugas di lapangan tidak pernah membekali senjata di pinggangnya. Kalaupun ada masalah terjadi lebih mengedepankan ke Pendekatan elegan dengan cara Persuasif yang humanis.

Sehingga tercapailah Win-win Solution alias tidak dirugikan satu sama lain.

Bagi Aiptu Indrawan yang pernah merasakan dinas di Brimob tahu betul bahwa penggunaan senjata harus tepat dan terukur karena menyangkut nyawa seseorang.

“Sebagai seorang Bhabinkamtibmas Sejati yang selalu dekat dengan warganya, tidaklah elok kalau keberadaanya diwilayahnya ditakuti karena senjatanya,” ungkap Indrawan kepada Media Mitrapol.com

Lebih lanjut, Indrawan mengatakan bahwa Kita akan kelihatan elegan kalau warganya bersimpati dalam pelaksanaan tugas yang tidak pernah merugikan dan menyakiti. Sehingga Penjahatpun akan segan dan hormat bila sudah berpapasan dengan dirinya. Kuncinya.

 

 

Reporter : Mir

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *