Sampah berserakan, Taman Kota Ketapang terkesan kumuh dan tak terawat

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Ketapang – Keberadaan lahan terbuka hijau yang asri di kota Ketapang, Kalimantan Barat tentu menjadi salah satu kebanggaan tersendiri baik bagi masyarakat maupun pemerintah daerah (Pemda) setempat.

Namun ironisnya, keberadaan lahan atau taman terbuka hijau yang seharusnya dijaga dan dirawat dengan baik, justru kerap diabaikan perawatannya.

Seperti halnya yang  terjadi pada taman Kota di Kabupaten Ketapang.

Keberadaan Taman yang berlokasi di lapangan sepakbola Tanjung pura, ini tentu sangatlah baik dikarenakan di dukung dengan fasilitas yang di bangun oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Ketapang Kalbar.

Apalagi letaknya yang juga strategis tidak jauh dari kota dan masih berada di kecamatan Delta Pawan.

Namun ironisnya Taman Kota yang di tata oleh Dinas Pertamanan dan Kota ini, terkesan tak rapih, semrawut dan usang lantaran  sampah yang terlihat berserakan di sekitar taman.

Tak pelak, kondisi ini membuat nyaman menjadi terlihat tidak asri dan tak sedap dipandang mata.

Pantauan Mitrapol, tampak sisi bangunan yang baru dibangun sudah banyak yang rusak, serta ada yang tidak berfungsi dan tampak paving blok sudah mulai retak.

Bangunan dan fasilitas taman kota atau lahan terbuka ini yang  menelan dana lebih dari ratusan juta ini tampak seperti tak terawat.

Salah seorang pengunjung Widi 35 tahun yang juga warga Ketapang mengatakan, “bangunan ini sebenarnya bagus kalau dirawat dan dijaga karna satu- satunya yang tepat berada di tengah pusat kota. dan menjadi tempat ajang olah raga joging, atau senam, sepak bola serta bersantai di kabupaten ketapang,” ujarnya pada Minggu (02/02/2020).

Selain itu taman kota masih terlihat kurangnya penataan ataupun lampu hias taman sehingga terlihat gelap ketika malam hari.

“Ketika hari hujan tampak saluran air meluap serta mengeluarkan banyaknya sampah plastik dan botol air minum mineral,” lanjut Widi.

Di tempat yang sama, Edi 30 tahun warga Sukaharja meminta kepada Pemerintah Daerah Ketapang untuk segera membenahi masalah tersebut.

“Dalam hal ini, Pemerintah melalui Dinas Terkait, untuk mengambil langkah secara Bijak kepada semua para pengunjung atau para wisatawan lokal dan nasional, diberikan himbauan supaya dapat menjaga kebersihan sampah plastik, serta menjaga kelestarian lingkungan, bisa juga dengan cara memasang CCTV 24 jam di seluruh penjuru taman kota dan memberi denda bagi pembuang sampah yang sembarang, agar Tercipta kebersihan taman dan kelestarian lingkungan atau kawasan hijau dan bersih,” ucapnya.

(Reporter: Roy/Ridwan)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *