Bazis DKI Jakarta salurkan bantuan dana ZIS kepada 393 kaum mustahik di Kecamatan Kembangan

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jakarta – Sebanyak 393 kaum mustahik di wilayah Kecamatan Kembangan menerima pendayagunaan dana Zakat, Infaq dan Shadaqah (ZIS) Baznas (Bazis) DKI Jakarta di halaman kantor Kecamatan Kembangan, Senin (4/2/2020).

Mereka mendapatkan masing-masing uang tunai senilai Rp juta. Secara simbolis, bantuan tersebut diserahkan oleh Asisten Administrasi dan Kesehjateraan Rakyat (Adkesra) Jakarta Barat, H Amien Haji.

H Amien Haji mengatakan, kegiatan pendayagunaan dana ZIS rutin dilaksanakan setiap tahun. Dana yang disalurkan tersebut berasal dari penghimpunan dana ZIS tahun 2018.

Ia menjelaskan, diantara dana ZIS yang dihimpun Baznas (Bazis) DKI Jakarta ini berasal dari pemotongan penghasilan Aparatur Sipil Negara (ASN) sebesar 2,5%. “Dana dihimpun dari masyarakat, termasuk penghasilan ASN dipotong 2,5% untuk bayar Zakat,” ujarnya.

Selain itu, pendayagunaan dana ZIS juga diperuntukan untuk masyarakat kurang mampu melalui sejumlah program Baznas (Bazis) DKI Jakarta.

“Selain ada pendistribusian dana untuk kaum mustahik, Baznas (Bazis) DKI Jakarta juga memiliki program bedah rumah warga tidak mampu. Misalnya minggu kegiatan bedah rumah Hadijah di wilayah Kebon Jeruk,” ujarnya menambahkan.

Dalam kesempatan tersebut, Amien Haji mengajak masyarakat yang mampu untuk membayar zakat. Karena hal tersebut sudah menjadi kewajiban umat muslim yang tercantum di dalam Rukun Islam. Sebaliknya, untuk kaum mustahik yang menerima bantuan setidaknya membawa manfaat.

Wakil Camat Kembangan, Imron menjelaskan bahwa penerima ZIS dari masyarakat pada tahun 2018 di wilayah Kecamatan Kembangan sejumlah sekitar Rp 600 juta. Namun, ketika masa peralihan Bazis ke dalam Baznas, penerimaan dana ZIS tahun 2018 belum signifikan.

Ia berharap agar penerimaan dana ZIS di tahun 2020 lebih meningkat lagi. Tentunya tidak terlepas dari partisipasi masyarakat yang mampu untuk membayar Zakat.

Pendayagunaan dana ZIS tahun 2018 di wilayah Kecamatan Kembangan berjumlah 393 mustahik yang terdiri dari 83 guru ngaji, 31 guru honorer madrasah, 75 guru TPA, 69 marbot dan 141 dhuafa.

 

(Reporter: Madalin)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *