Tahun ini Disperindagkop Halteng terima kucuran DAK sebesar Rp3,5 miliar

  • Whatsapp
Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Halmahera Tengah, Ridwan Seliden.

MITRAPOL.com, Maluku Utara – Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng), akan merenovasi kembali pasar Fidi Jaya dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (Kemendag RI).

DAK yang dikucurkan oleh Dirjen Kemendag ke Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Perindagkop) Halteng sebesar Rp 2,5 miliar untuk kebutuhan renovasi pasar Fidi Jaya, Kecamatan Weda.

Selain itu, Perindagkop Halteng sendiri keciprat DAK Infrastruktur kecil menengah sebesar Rp 1 miliar untuk gedung Industri pengolahan sagu di Desa Moreala, Kecamatan Patani Barat.

Total semua DAK yang diterima Disperingkop Halteng untuk tahun 2020 sebesar Rp 3,5 miliar, dengan tujuan membangun infrastruktur berkelanjutan di Negeri Fagogoru sesuai Visi Misi Elang-Rahim Bupati dan Wakil Bupati Halteng.

“Tahun ini kami mendapat DAK dari Kementerian perdagangan melalui Dirjen Kemendag sebesar Rp 3,5 miliar. Rp 2,5 miliar untuk renovasi pasar Fidi Jaya lantai bawah, dan Rp 1 miliar untuk pembangunan Gedung dan peralatan pengolahan sagu di Moreala,” kata Kadis Perindagkop Halteng, Ridwan Seliden, Kamis (6/2/2020).

“Untuk industri pengolahan sagu di Moreala, dari DAK kami akan mebangun gedung dan menyediakan peralatanya. Tinggal bagaiman cara masyarakat menggunakanya dengan baik,” sambung Ridwan.

Tak sampai disitu, rupanya Perindagkop Halteng telah menyiapkan Dana Insentif Daerah (DID) sebesar Rp 2,5 miliar untuk infrastruktur (Pasar).

Dana itu bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020.

 

(Sahwan)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *