Warga Desa Tanjung, Kedungtuban ikuti penyuluhan PTSL

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Blora – Desa Tanjung, Kecamatan Kedungtuban, Kabupaten Blora, pada Tahun 2020 terpilih untuk mengikuti program dari Pemerintah Kabupaten Blora, yaitu sebagai lokasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun Anggaran 2020, untuk mensukseskan pelaksanaan kegiatan tersebut, bertempat di Balai Desa Tanjung dilaksanakan penyuluhan PTSL 2020. Rabu (12/02)

Antusiasme warga Desa Tanjung dengan adanya program ini cukup besar, dibuktikan dengan banyaknya warga yang hadir dalam acara penyuluhan PTSL 2020 tersebut. Selain dihadiri oleh petugas dari Kejaksaan dan BPB Kabupaten Blora melaksanakan penyuluhan dan sosialisasi bersama warga masyarakat desa Tanjung.

Kepala desa Tanjung Ngirpan menyampaikan bahwa Pemerintah Desa Tanjung telah mengadakan pertemuan untuk membentuk Kelompok Masyarakat (Pokmas) yang nantinya bertugas untuk menyampaikan berita yang di dapatkan dari pembekalan pengumpulan Data Yuridis PTSL 2020, membantu komunikasi ke desa, serta yang bertugas membantu menginput data PTSL 2020.

“Kami menghimbau kepada Kepala Dusun (Kadus) untuk memberikan informasi terkait adanya penyuluhan PTSL di Desa Tanjung kepada warga yang memiliki tanah yang masih letter C dan belum bersertifikat,” ujarnya kepada reporter Mitrapol.

“Kami selaku Kepala Desa Tanjung sangat bersyukur mendapatkan kesempatan untuk mengikuti program PTSL tahun 2020 ini. Program ini diharapkan dapat diikuti oleh seluruh warga yang memiliki tanah tapi belum bersertifikat atau masih letter C, kepemilikan sertifikat merupakan hal yang penting karena selain untuk menjamin kepastian hukum yaitu sebagai bukti hak kepemilikan tanah, sertifikat tentu dapat digunakan masyarakat memperoleh penguatan hukum.

“PTSL yang populer dengan istilah sertifikasi tanah ini merupakan wujud pelaksanaan kewajiban pemerintah untuk menjamin kepastian dan perlindungan hukum atas kepemilikan tanah warga, selain itu nantinya masyarakat yang telah mendapatkan sertifikat dapat menjadikan sertifikat tesebut sebagai modal pendampingan usaha yang berdaya dan berhasil guna bagi peningkatan kesejahteraan hidupnya,” ujarnya.

Adapun syarat yang diperlukan untuk PTSL 2020 ini adalah fotocopy E-KTP, fotocopy KK, fotocopy Pipil/ SPPT dan fotocopy letter C,” pungkas Ngirpan

Setelah sambutan dan penjelasan dari Kepala Desa dan BPN Kabupaten Blora, acara dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. Pada kesempatan ini digunakan oleh peserta yang hadir untuk mengajukan pertanyaan mengenai hal-hal yang belum atau kurang dipahami berkaitan dengan PTSL ini.

 

 

Reporter : Menco

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *