Demi kenyamanan penumpang, PT Pelindo IV Cabang Nunukan terus bangun dan benahi fasilitas

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Nunukan – PT Pelindo IV Cabang Nunukan terus melakukan pembenahan dengan membangun sarana dan prasarana termasuk fasilitas terminal penumpang, pembuatan kanopi di dermaga maupun lapangan parkir.

Kepala Operasional PT Pelindo IV Cabang Nunukan mengatakan pihaknya juga akan membangun dermaga yang akan memberangkatkan perjalanan ke luar negeri.

“Dengan adanya fasilitas yang memadai, fasilitas yang dibangun juga cukup baik perkembangan setiap tahun harus ditingkatkan termasuk pembangunan terminal penumpang, kanopi, dan lapangan parkir ditambah lagi kita akan bangunkan dermaga yang akan berlayar keluar negri,” ujar Damsi saat ditemui Mitrapol baru-baru ini.

Lanjut Damsi, “InsyaAllah dengan adanya sarana yang kita bangun masyarakat semakin aman nyaman tertib dan damai saat berada di pelabuhan. Selain itu kita sediakan juga semacam kursi, mushola, toilet, AC semua sudah kita sediakan untuk kenyamanan penumpang.”

Terkait adanya keluhan masyarakat atau penumpang yang menyebut biasanya di ruang tunggu lebih diutamakan penumpang internasional sementara yang domestik dibiarkan di luar, Damsi menampiknya.

“Itu tidak ada, karena kita sudah siapkan dua untuk domestik sudah kita siapkan ruang khusus itu sudah dilengkapi dengan AC, WC dan musholah untuk luar negri juga sama sudah juga kita siapkan tempat ruang tunggu kursi, musholah, dan WC sudah kita lengkapi semua. Jadi jika masyarakat mengomentari keluhan pelayanan dalam pelabuhan bahwa pelindo tidak memfasilitasi pelabuhan untuk orang orang yang baru saja melihat segelintir orang bisa melihat,” paparnya tegas.

Damsi mengakui jika fasilitas yang dibangun pihaknya cukup mahal, “Makanya kita itu dengan juga harus memperhatikan biaya biaya makanya kita ada juga namanya osientarif dari penumpang. Kalau kita lihat dari segi operasional itu memang tidak semahal itu karna itu sesuai dengan fasilitas yang ada dan kenyamanan yang diinginkan masyarakat penumpang.”

Untuk diketahui, karcis masuk pelabuhan sebesar Rp.40.000/0rang khususnya penumpang keluar negeri tapi kalau penumpang dalam Negeri lebih murah.

“Tarif karcis masuk pelabuhan khususnya keluar negeri sudah dilakukan sosialisasi kepada masyarakat baik kepada pengguna jasa pelabuhan maupun mengundang intansi yang terlibat dalam pelabuhan jadi tidak masalah itu kita imbangi dengan pelayanan dan fasilitas yang memadai,” ujar Damsi lagi.

Menurut Damsi, di seluruh Indonesia belum ada terminal penumpang yang mengunakan eskalator naik ke lantai dua ruangan tunggu penumpang.

“Di atas itu ada cafe, warung makan tempat sholat musallah ada untuk wanita dan pria begitu juga WC untuk pria dan Wanita tanpa bayaran sepeserpun yang cukup bagus layaknya Hotel berbintang, dinding bangunan serba kaca, petugas kebersihan selalu siaga untuk menjaga kebersihan, jadi harga karcis masuk itu itu seimbang pelayanan dan fasilitas,” tuturnya.

Selain itu, ia jelaskan, “Nantinya terminal parkir itu kita rancang mirip terminal bandara begitu juga halaman peti kemas dirancang dengan rapi masuk dermaga itu lain jalur masuk dan lain jalur keluar tidak campur bau seperti pelabuhan lainnya, pelabuhan Tiban Tana Nunukan sebagai pelabuhan internasional itu dirancang Khusus, dulu Tawau Lebih bagus sekarang kita harus lebih bagus kita berusaha menyaingi negara tetangga walaupun kita berada di perbatasan tapi soal fasilitas dan pelayanan kita jagan kalah,” tutupnya seraya menambahkan jumlah armada kapal Nunukan Rawat Sabah Malaysia ada 6 unit pulang pergi, setiap hari kecuali hari Minggu dan hari Raya.

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *