Danrem 043/Gatam ungkap betapa pentingnya leadersip education

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Bandar Lampung – Korem 043/Garuda Hitam Kolonel Inf. Taufiq Hanafi memberi kuliah umum bela negara tentang ilmu kepemimpinan (Leadership Education) kepada mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia, Jumat (14/02/2020).

Dalam Sambutan Rektor Universitas Teknokrat Rektor Teknokrat DR. Hi. M. Nasrullah Yusuf. S.E., MBA., Kegiatan ini adalah yang ke 4 dilaksanakan oleh Universitas Teknokrat.

“Mahasiswa di berikan pelatihan bagaimana cara berprilaku yang baik dan bagaimana cara bertanya dan menjawab yang baik dan terhormat,” ucap rektor.

“Mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini sebagian besar adalah mahasiswa berprestasi dalam bidangnya masing – masing. Kegiatan hari ini adalah kegiatan hari yang ketiga dalam pelatihan Leadership Education”, tambah rektor.

Komandan Korem 043/Garuda Hitam selaku pemberi materi, Pelatihan Leadership Education sangatlah penting, kepemimpinan itu lah adalah suatu seni yang berbeda dari setiap karater Pemimpin yang bersangkutan, tetapi tujuannya satu yaitu untuk membawa suatu kebaikan.

Dalam kepemimpinan khususnya di TNI dikenal dengan 11 Azas kepemimpinan yaitu:

– Taqwa = Bahwa seorang Pemimpin harus bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa.

– Ing Ngarso Sung Tulodo = Seorang Pemimpin harus berani berada di depan anak buahnya.

– Ing Madyo Mangunkarso = Seorang pemimpin harus bisa memberikan motivasi.

– Tut Wuri Handayani = Seorang pemimpin mampu untuk berada dibelakang anak buah atau pengikutnya.

– Waspada Purba Wiseso = Seorang pemimpin hrs memiliki kewaspadaan dan dapat melihat apa yang akan terjadi dimasa yang akan datang.

– Ambek Parama Arta = Seorang pemimpin harus memiliki rasa adil kepada anak buah.

– Prasaja = Seorang pemimpin harus sederhana, transfaran, jujur, tulus ikhlas dan toleran.

– Satya = Seorang pemimpin harus memiliki loyalitas, mampu menjaga janjinya dan menunjukan keselarasan antara perkataan dan perbuatan.

– Gemi Nastiti = Seorang pemimpin harus memiliki sifat yang hemat dan tidak boros.

– Belaka = Seorang pemimpin harus bersikap terbuka, komunikatif, dan memberikan kesempatan bagi anak buahnya untuk memberikan masukan dengan kata lain seorang pemimpin yang baik bersedia untuk mengambil alih tanggung jawab atas prilakunya.

– Legowo = Seorang pemimpin harus bersedia untuk berkorban secara tulus.

“Siapa saja yang harus membela negara yaitu semua rakyat indonesia sesuai dengan peran dan tanggung jawab masing-masing. kita semua hrs bangga menjadi bangsa Indonesia,” tutup Danrem dalam pemaparannya.

 

Reporter : Adi / Deni Andestia

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *