DR. Alpi Sehari : DPR harus memperkuat Polri, terkait pengurusan SIM, STNK dan BPKB

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Medan – Pakar Hukum DR. Alpi Sehari SH.,Mhum, mengatakan, semestinya DPR RI mendukung dan memperkuat pihak kepolisian yang sudah bekerja selama ini mengkelola manajemen pengurusan SIM, STNK dan BPKB.

“Kepolisian khususnya Korlantas dalam memberikan pelayanan dan menerbitkan SIM, STNK dan BPKP sudah berjalan baik. Ini berkaitan dengan pelayanan publik. Indikator pelayanan publik, good governance dan clean governance. Artinya pelayanan publik yang dilakukan Ditlantas didasarkan oleh dua dimensi itu, ” jelasnya kepada wartawan di Medan, Jumat (14/2/2020).

Dikatakan, secara akademis pelayanan publik yang dilakukan oleh kepolisian diorientasi dari kepuasan masyarakat. Implikasinya, kepolisian telah melakukan inovasi-inovasi dalam pencapaian kepuasan masyarakat.

“Jika kewenangan yang sudah dicapai ini diserahkan kepada Kemenhub, maka pelayanan publik akan mundur,” ungkapnya.

Menurut Alpi Sehari, polisi memiliki pengawasan yang ketat terhadap fungsional yang ada dalam pengurusan SIM, STNK dan BPKP, sementara dishub tidak. Berkaitan dengan pengawasan, kalau diserahkan kepada dishub hiraki pengawasan jadi amburadul.

“Kalau saya lihat sampai sekarang pengawasannya sangat berjenjang. Kalau dishub dibawah naungan provinsi dan bupati. Kalau kepolisian secara irarkhi, ada Irwasda, Korlantas contoh kalau terjadi pungli dan komplin, responnya akan cepat,” ujarnya.

Alpi menilai, polisi memiliki sarana dan prasarana yang memadai dan didukung personil cukup. Kalau instansi lain yang menjalankannya akan memakan anggaran. Polisi mampu mengidentifikasi pelaku dengan melihat plat motor. Seandainya ini diserahkan ke dishub proses hukumnya jadi tidak efesien.

“Saya sarankan kepada Komisi V DPR RI, sudah efektif yang dilakukan Direktorat Lalu Lintas, jadi DPR itu harus memperkuat atau mendukung polisi,” sebutnya.

 

 

Reporter : Herman

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *