Tingkatkan konektivitas antar desa, Jembatan Upon Batu telah dirasakan manfaatnya

  • Whatsapp
Jembatan Gantung di desa Upon Batu Kecamatan Tewah Kabupaten Gunung Mas. (Foto : Satker PJN Wilayah II Prov. Kalteng)

MITRAPOL.com, Palangkaraya – Jembatan Gantung di desa Upon Batu, Kecamatan Tewah Kabupaten Gunung Mas, yang telah dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional XI Banjarmasin Ditjen Bina Marga telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Selain menjadi akses penghubung antar desa, jembatan gantung juga dapat menggerakkan potensi ekonomi perdesaan sebagai objek wisata.

Bidu, ST.MT Kepala Satuan Kerja (Satker) PJN Wilayah II Provinsi Kalimantan Tengah BBPJN XI Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Mengatakan, hadirnya jembatan ini akan mempermudah dan mempersingkat waktu perjalanan masyarakat perdesaan dan wisatawan. Pembangunan jembatan Upon Batu Kabupaten Gunung Mas dengan panjang bentang 120 meter dikerjakan dari sumber dana APBN pada Satuan Kerja (Satker) Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Provinsi Kalimantan Tengah BBPJN XI Ditjen Bina Marga, tuturnya.

Jembatan gantung merupakan salah satu wujud kebijakan Presiden Joko Widodo untuk membangun infrastruktur daerah perdesaan terutama yang sulit dijangkau sehingga lebih terbuka. Kehadiran jembatan gantung sangat  dibutuhkan masyarakat karena kondisi geografi wilayah Indonesia yang memiliki banyak gunung, lembah dan sungai. Secara fisik, kondisi ini kerap menjadi pemisah antara lokasi tempat tinggal penduduk dengan berbagai fasilitas pelayanan publik seperti sekolah, pasar, dan kantor pemerintahan.

Dibangunnya Jembatan Gantung ini merupakan usulan dari Pemerintah Daerah (Pemda Provinsi/Kabupaten/Kota) setempat, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), TNI, dan DPRD yang diajukan kepada Kementerian PUPR dengan mempertimbangkan kondisi wilayah, sosial, ekonomi, potensi wilayah, dan kesesuaian lokasi, manfaat, dan urgensi pembangunan jembatan.

 

Tim

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *