Cegah longsor, Polsek Bontomarannu dan Bhayangkari tanam rumput vetiver

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Gowa – Kapolsek Bontomarannu Polres Gowa Iptu H. Yuniarso berdampingan dengan Ketua Ranting Bhayangkari Bontomarannu Ny. Anna Yuniarso, melakukan penanaman rumput vetiver alias akar wangi (vetiveria zizanioides) Senin (17/02/2020) pagi.

Hadir juga di kesempatan tersebut, Komandan Koramil 1409 Bontomarannu. Kapten Inf. I Made Putu Ambarajaya, Kapolsubsektor Pattallassang Abdul Rasyid, S.H, pejabat pemerintahan setempat serta Para tokoh masyarakat dan warga.

Langkah penanaman vetiver yang dilakukan di wilayah dusun Parassui Desa Timbuseng Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa sebagai upaya peduli alam dan lingkungan serta untuk mencegah terjadinya musibah bencana alam.

Kapolsek Bontomarannu mengatakan penanaman vetiver kali ini sekitar 25.000 bibit, ditujukan guna memulihkan kondisi tanah-tanah tandus di kemiringan yang berpotensi mengalami musibah bencana.

“Penanaman vetiver ini diharapkan dapat memperbaiki struktur tanah dan mencegah potensi longsor,” ujar Iptu H. Yuniarso.

Seperti diketahui, vetiver merupakan jenis tanaman rumput-rumputan dengan perakaran empat hingga enam meter. Vetiver yang juga biasa disebut akar wangi ini cocok ditanam pada tanah dengan kemiringan yang cukup ekstrem.

 

(Reporter: Armand AR)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *