Dishub dan Polres Tangsel gelar razia gabungan, ini hasilnya

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Tangsel – Puluhan personel dari Dinas Perhubungan (Dishub) dan Polres Tangerang Selatan (Tangsel) diterjunkan untuk melakukan operasi gabungan dalam rangka menertibkan pengendara yang tidak memiliki kelengkapan surat-surat baik roda dua maupun roda empat.

Operasi gabungan ini dilaksanakan di daerah Cilenggang BSD Tangerang Selatan pada Kamis (13/02/2020).

Hasilnya, petugas berhasil menjaring beberapa kendaraan roda dua dan roda empat yg di sinyalir tidak memiliki kelengkapan surat-surat sebagaimana mestinya.

Menurut keterangan Kanit Lantas Polres Tangerang Selatan Iptu Karana, beberapa jenis pelanggaran yang berhasil ditemukan oleh petugas diantaranya, untuk kendaraan roda dua ditemukan beberapa pajak kendaraan yang mati, pengendaranya tidak memiliki SIM dan mengenakan helm.

“Dalam operasi ini, salah satu pengendara roda dua berhasil diamankan oleh petugas selain tidak memiliki SIM, dan tidak mengenakan helm, pengendara tersebut kedapatan membawa Sajam (Senjata Tajam), petugas langsung menyerahkan pengendara tersebut kepada tim Buser Polsek Serpong Tangerang Selatan,” jelas Karana kepada wartawan.

Karana menambahkan Kendaraan roda dua yg tidak lengkap suratnya untuk sementara aka di bawa ke Mapolres Tangsel dan akan di kembalikan kepada pengendaranya setelah mengikuti sidang di Pengadilan dan melengkapi semua surat-surat yang dibutuhkan.

Sementara untuk pengendara kendaraan roda empat kebanyakan menggunakan surat-surat yang tidak sesuai dengan peruntukannya, seperti pengendaranya seharusnya memiliki SIM A ternyata tidak memiliki SIM, begitu juga dengan pengendara yg seharusnya menggunakan SIM B ternyata menggunakan SIM A.

Menurut Iptu Karana Kanit Lantas Polres Serpong Tangerang Selatan operasi gabungan yang dilakukan bersama Dishub Sepong bertujuan untuk menertibkan angkutan-angkutan barang yang tidak memiliki dokumen sesuai dengan peruntukannya.

Kanit Karana mengimbau kepada masyarakat bila hendak berpergian keluar rumah menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat agar tidak lupa melengkapi surat-surat, “Antara lain, KTP, SIM sesuai dengan kendaraannya dan STNK yang masih berlaku,” katanya.

Salah seorang pengemudi angkutan barang mengaku sadar dan termotivasi dengan adanya operasi gabungan yg di gelar, karena SIM yang dimiliki tidak sesuai dengan kendaraan yang di kendarai.

“Saya sadar dengan adanya razia ini, memotivasi saya untuk mengurus SIM B sesuai dengan jenis kendaraan yg sy bawa, karena SIM yang saya miliki sekarang ini masih SIM A,” katanya dengan nada menyesal.

dari kiri: M. Tata Surya Kasiop Pengawasan Jenis Angkutan Tangsel (baju batik), Iptu Karana Kanit Lantas Polres Tangsel ,(Tengah) dan Budi Jatmiko

Di lokasi yang sama Muhammad Tata Surya selaku Kepala Seksi Pengawasan Operasional Jenis Angkutan mengatakan operasi yang dilakukan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Dishub Tangsel bekerjasama dengan Polres Tangsel guna menertibkan kendaraan angkutan barang yg tidak sesuai dengan surat KIR. Semua mobil angkutan barang akan diberhentikan untuk diperiksa kelengkapan surat-surat nya, bila memenuhi standar dan surat KIR tidak dilakukan penindakan Tilang namun bila tidak sesuai petugas akan melakukan penindakan Tilang,” kata Tata Surya.

Tata Surya mengimbau agar pengendara mobil angkutan barang, kendaraannya harus sesuai aturan yang ada di surat KIR, baknya jangan dilebihkan atau di panjangkan, barang yang di muat harus sesuai dengan ukuran, kemampuan dan kekuatan kendaraan sebab kalau melebihi akan terjadi kecelakaan yang dapat membahayakan pengendara itu sendiri badan juga orang lain.

Tata Surya berharap semua pengemudi angkutan barang dapat menegakkan disiplin, baik disiplin secara administrasi kendaraan maupun fisik kendaraan itu sendiri,” kata Tata Surya mengakhiri pembicaraan.

(TH/FZ)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *