Bupati Pulau Morotai: Jika ingin cerai, maka harus berhenti jadi PNS! 

  • Whatsapp
Bupati Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara, Benny Laos.

MITRAPOL.com, Maluku Utara – Bupati Pulau Morotai, Benny Laos akan memecat Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memaksa dirinya untuk memberikan rekomendasi perceraian, Rabu (19/2/2020).

Bahasa itu ia lontarkan pada saat dirinya bersama Ka Kemenag dan Kepala Pengadilan Agama Pulau Morotai, menghadiri acara pernikahan di Kompleks Kota Lamo belum lama ini.

Dihadapan beberapa Kepala Dinas dan sejumlah Pejabat Daerah, Benny meminta agar tidak membolehkan PNS yang mengajukan perceraian atau berpoligami.

Jika memaksa untuk mendapatkan rekomendasi perceraian atau beristri dua, maka PNS tersebut wajib mundur sebagai abdi negara atau di pecat.

PNS yang dijatuhi hukuman Pemberhentian Dengan Hormat Tidak Atas Permintaan Sendiri (PDHTAPS), dipecat karena beristri lebih dari satu tanpa seizin pejabat (Bupati-red).

“Saya tegaskan kepada kalian, jangan pernah memberikan rekomendasi yang menyangkut dengan perceraian, apalagi berpoligami. Jika ingin cerai, maka harus berhenti jadi PNS,” tegasnya.

Ketentuan mengenai PNS beristri lebih dari satu diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 45 Tahun 1990 tentang Perubahan atas PP Nomor 10 Tahun 1983 tentang Izin Perkawinan dan Perceraian bagi Pegawai Negeri Sipil.

Pada Pasal 4 ayat 1 aturan itu disebutkan, PNS pria yang akan beristri lebih dari satu wajib memperoleh izin lebih dahulu dari pejabat. Di ayat 2, PNS wanita tidak diizinkan untuk menjadi istri kedua/ketiga/keempat.

Selanjutnya, Pasal 4 ayat 3 dijelaskan, permintaan izin sebagaimana dimaksud dalam ayat 1 diajukan secara tertulis.

“Dalam surat permintaan izin sebagaimana dimaksud dalam ayat (3), harus dicantumkan alasan yang lengkap yang mendasari permintaan izin untuk beristri lebih dari seorang,” bunyi Pasal 4 ayat 4.

“Dan saya sendiri tidak akan pernah memberikan rekomendasi itu,” tegas Benny Laos.

 

(Sahwan)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *