Didampingi Kapolri, Panglima TNI terima hibah tanah dari Warga Kamoro, bakal dibangun Makogabwil III 

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto didampingi Kapolri Jend Pol. Idham Azis menerima penyerahan hibah tanah yang menjadi lokasi Pembangunan Markas Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III (Makogabwil III) di Kabupaten Mimika.

Lokasi lahan yang rencananya dibangun Makogabwil III tersebut berada di Jalan SP. 5 Distrik Iwaka, kabupaten Mimika, Papua seluas 78 Hektar.

Penyerahan hibah 78 Hektar lahan tanah tersebut berdasarkan Surat Hibah Tanah dengan No. BA/142/II/2020 dari pemilik hak ulayat dan diperkuat dengan pengesahan dari Lembaga Adat Suku Kamoro (Lemasko) diterima langsung oleh Panglima TNI. Marsekal Hadi Djahjanto, bertempat di lokasinya SP. 5 Distrik Iwaka, Kabupaten Mimika, Papua, Rabu, (19/2/2020).

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada pemilik hak ulayat dan juga Lembaga Adat Suku Kamoro (LEMASKO) yang telah berkenan memberikan tanahnya untuk pembangunan Markas Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III (makogabwil III) di Timika, Papua.

“Sebagai bagian dari pengembangan organisasi, Kogab Wil III baru saja dibentuk dimana Provinsi Papua juga termasuk didalamnya dan belum memiliki Markas Momando,” kata Panglima TNI dalam sambutannya.

Marsekal Hadi menambahkan, setelah dilakukan penyerahan nantinya akan dilakukan peletakan batu pertama dan pembangunan Mako Kogabwil III di Kabupaten Mimika.

Setelah dilakukan penyerahan, Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto kepada awak media menambahkan, pembangunan Markas Komando Gabungan Wilayah III (Makogabwil III) ini bertujuan untuk menjaga keamanan di wilayah timur termasuk Provinsi Papua, selain itu juga bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat khususnya Mimika dan umumnya Papua.

“Dengan adanya Makogabwil III ini, selain untuk pengamanan juga untuk mensejahterakan masyarakat nantinya,” ujar Panglima TNI.

Di tempat yang sama, salah satu warga suku kamoro bernama Philipus Monaweyau, S.Sos. selaku fasilitator penyerahan tanah hibah ke Panglima TNI, mengatakan, “Tanah ini kami serahkan ke negara melalui TNI, Kami serahkan karena daerah ini perlu pengamanan, dan mendukung pembangunan untuk bangsa dan negara,” ujar Philipus.

Melalui pemberian tanah ini, dirinya beratensi agar ke depan Panglima TNI dan Kapolri dapat memperhatikan dan prioritaskan putra putri papua khusunya asal Kamoro dan Amungme yang masuk TNI/Polri.

“Harapan kami kehadiran Mako TNI ini juga bisa membangun manusia Papua pada umumnya dan Mimika secara khusus,” ungkap Philipus Monaweyau.

Usai dilakukan penyerahan tanah hibah, kedua orang nomor satu di tubuh TNI/Polri ini melakukan ritual bakar batu kemudian bersama rombongan melakukan iringan menuju bandara hanggar Jalan Sudirman dan selanjutnya terbang ke Jakarta menggunakan Pesawat Indonesian Air Force A-7307 milik TNI AU.

Jalannya acara penyerahan hibah 78 Hektar lahan tanah itu dihadiri jajaran TNI/Polri, Bupati Mimika, Lembaga Adat Suku Kamoro (Lemasko) dan Lembaga Adat Suku Amungme (Lemasa).

 

(Reporter : AQM)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *