Bhabinkamtibmas Polsek Depok bersama Bhabinsa Koramil Plumbon kawal proses mediasi

  • Whatsapp
Kapolsek Depok AKP Sukur SE didampingi Hj. Nur Alia Sumanti SH. MH Kabid PHPKL Kabupaten Cirebon, saat memberikan sambutan Mediasi di Aula Desa Kasugengan Kidul. Rabu (19/02).

MITRAPOL.com, Cirebon – Bertempat di Aula Desa Kasugengan Kidul Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon, Bhabinkamtibmas Polsek Depok Polres Cirebon bersama Bhabinsa Koramil Plumbon mengawal proses mediasi antara warga Perum Puri Gandasari Desa Kasugengan Kidul Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon dengan PT. Surabraja Putra. Rabu (19/2).

Pelaksanaan mediasi ini adalah sebagai tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya yang belum ada titik temu. Pertemuan sebelumnya membahas adanya aktifitas PT. Surabraja Putra yang terkesan tidak adanya silahturakhmi dan kordinasi dengan warga Perum Puri Gandasari.

Hadir dalam mediasi ini, Warga Perum Puri Gandasari dengan PT Surabraja Putra, Kapolsek Depok AKP Sukur SE, Danramil Plumbon diwakili Pelda Didik Y, perwakilan warga Perum Puri Gandasari Edi beserta Pengurus Rt dan Rw, tokoh Masyarakat serta Tokoh Ulama Desa Kasugengan kidul, perwakilan Perusahaan, pada kesempatan yang sama hadir pula Hj. Nur Alia Sumanti SH. MH Kabid PHPKL Kabupaten Cirebon dan Plt. Kabid Penyuluhan dan Pengaduan Dinas Perizinan Kabupaten Cirebon Hj. Yeni Rosmanah M.Si.

Kuwu Desa Kasugengan Kidul Nuryanto (berdiri bertopi) saat membuka mediasi Warga Perum Puri Gandasari di Aula Desa Kasugengan kidul. Rabu (19/02).

“Disinikan ada RT dan RW namun dari pihak perusahan tidak ada informasi apa-apa kepada warga Puri Gandasari, pihak Perusahaan hanya datang ke warga yang jauh dari pabrik untuk meminta tandatangan warga cuma berupa selembar kertas berbentuk formulir saja, namun warga tidak mau menandatangani karena tanpa sepengetahuan Pak RT dan Rw setempat. Kemudian pada malam Senin dibuatlah Petisi yang ditandatangani Warga Perum Puri Gandasari, tapi tiba-tiba ada undangan Mediasi dari Pa Kuwu Desa Kasugengan kidul,” Kata Junedi salah seorang perwakilan warga Perum Puri Gandasari

Pada kesempatan ini, Nuryanto Kuwu Desa Kasugengan kidul berpesan kepada masyarakat Desa Kasugengan kidul khususnya warga Perum Puri Gandasari permasalahan dengan PT. Surabraja Putra, alhamdulillah pada hari ini Rabu (19/02) dapat berkumpul bersama di Aula Desa Kasugengan Kidul dengan disaksikan Pak Kapolsek, Pak Danramil dan temen-temen Wartawan. Sehingga permasalahan ini dapat dipecahkan bersama antara keinginan Warga Perum Puri Gandasari dengan PT. Surabraja Putra dan dapat dicarikan solusi yang terbaik, ujar Nuryanto.

Perwakilan PT. Surabraja Putra Azis, saat memberikan komentar tentang Perusahaan didepan Audensi warga Perum Puri Gandasari Desa Kasugengan kidul.

Mengenai kebisingan yang ditimbulkan akibat aktifitas perusahaan, Azis selaku Pimpinan Perusahaan PT. Surabraja Putra mengatakan, sepertinya tidak begitu bising, hanya kalau jam istirahat karyawan mungkin terdengan brisik, itupun kalau saat istirahat saja. Yang pasti kami pihak Perusahaan akan terus berbenah diri untuk lebih baik, termasuk Rekom sedang diurus, tinggal menunggu Rekomendasi dari PHPKL, ujarnya.

Lanjut Azis, disamping itu PT. Surabraja Putra sudah memiliki Registrasi OSS sebagai uji Laboratorium untuk limbahnya, adapun proses PHPKL cepat atau lambatnya tergantung dari Konsultannya sendiri, jelasnya.

Owner PT. Surabraja Putra H. Basuni selama ini kooperatif terhadap Panggilan Dinas. Berarti H. Basuni sudah ada upaya untuk mendapatkan Rekom dari ijin lingkungan. Lepas dari itu pihak Perusahaan punya kewajiban untuk menyalurkan Dana CSR untuk warga sekitar Perusahaan, tambah Nur Alia Sumanti SH.,MM Kabid PHPKL Dinas Lingkungan Kabupaten Cirebon.

Salah satu perwakilan warga Perum Puri Gandasari Edi saat memperlihatkan lembar tuntutan.

Menurut Azis, pada prinsipnya kami siap bersinergi dengan Masyarakat Desa Kasugengan kidul khususnya. Apalagi karyawan kita sebagian besar Warga Desa setempat yaitu Masyarakat Desa Kasugengan kidul.

Kami berharap kita bisa bersimbiosis mutualisme dengan warga Perum Puri Gandasari dan umumnya warga Desa Kasugengan kidul, mari kita berdiskusi, intinys tuntutan yang realistis dari warga, kami pihak perusahaan siap memenuhinya, dengan Win Win solusi kita pihak Perusahaan bisa melakukan bersama Warga Desa Kasugengan kidul.

Upayah Perusahaan untuk memenuhi sebagian tuntutannya adalah memperluas area parkir untuk manuver kendaraan besar yang parkir di Area Perusahaan. Disamping itu kita juga bisa mengeluarkan Dana CSR untuk kegiatan Warga setempat, pungkas Azis ketika diwawancara Mitrapol saat jumpa Pers di Aula Desa Kasugengan Kidul. Rabu (19/02).

Bhabinkamtibmas Polsek Depok bersama Bhabinsa Koramil Plumbon Pelda Didik Y, saat mengawal Mediasi Warga Perum Puri Gandasari.

Mediasi Ini perlu kita fasilitasi, perlu kita jembatani untuk dapat terwujud apa yang menjadi harapan kedua pihak. Baik dari pihak Perusahaan maupun dari pihak Perum Puri Gandasari Desa Kasugengan kidul. Supaya kondisi tetap Aman lancar dan Kondusif, pungkas Kapolsek Depok AKP Sukur SE.

 

 

Reporter : Darto.

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *