Polres Melawi bersama netizen sepakat dukung Pemilu 2020 aman, damai dan sejuk

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Kalbar – Untuk mendukung suksesnya Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 di Kabupaten Melawi aman, damai dan sejuk. Kegiatan yang diprakarsai oleh Perhimpunan Jurnalis (PENA) Kabupaten Melawi ini, dihadiri oleh Kapolres Melawi AKBP Tris Supriadi, S.H., S.I.K., M.H diwakili oleh Wakapolres Melawi Kompol Jajang, S. Kom didampingi Kasubbag Humas AKP Herno Mintoro, Bertempat di Aula Hotel Rajawali Nanga Pinoh, Kamis (20/02/2020) pagi.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh, Ketua PENA (Perhimpunan Jurnalis) Kabupaten Melawi Eko Susilo, Bupati Melawi diwakili oleh Plt. Kabag Humas Setda Melawi Ratna Irawati, Lo Kodim 1205/Sintang Mayor Arh Edi Winarno, Ketua Bawaslu Kabupaten Melawi Johani, Komisioner KPUD Kabupaten Melawi Airin Fitriansyah dan Netizen dari para Wartawan, Pelajar serta gabungan beberapa komunitas dan organisasi masyarakat Melawi.

Ketua PENA Kabupaten Melawi, Eko Susilo mengatakan Kabupaten Melawi salah satu Kabupaten di Provinsi Kalbar yang melaksanakan Pilkada serentak pada 23 September 2020 mendatang.

Eko menyampaikan salah satu yang banyak muncul saat digelarnya pentas demokrasi adalah berita bohong (hoaks), ujar kebencian dan isu sara. “Berita-berita tersebut bila tidak kita sikapi dengan bijak dan ditangani dengan serius dapat menyebabkan gangguan kamtibmas dan pertikaian dimasyarakat,” tegasnya.

“Peran seluruh elemen masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Melawi sangat diperlukan dalam menolak bersama seluruh berita hoaks. Dan melalui diskusi publik ini, mari kita ciptakan pemahaman serta kesadaran masyarakat bermedia sosial dengan santun dan bijak, tanpa merugikan suatu kelompok, golongan atau pribadi,” terangnya.

Sementara itu, Plt Kabag Humas Setda Melawi Ratna Irawati, mengajak seluruh elemen masyarakat dalam bermedia sosial agar bijak.

“Era digital saat ini, masyarakat diharapkan bijak dalam menerima informasi. Harus cek dahulu kebenarannya, jangan sampai mudah diprovokasi dan menyebabkan konflik dimasyarakat,” pintanya.

Sebagai Narasumber, Wakapolres Melawi Kompol Jajang, S. Kom menyampaikan “Tujuannya kegiatan ini tentunya untuk mendukung suksesnya Pilkada tahun 2020 di Kabupaten Melawi supaya berjalan dengan aman, damai dan sejuk. Mencegah dan mengantisipasi berita hoaks, ujaran kebencian dan isu sara yang makin marak di media sosial,” jelasnya.

Selain itu, Wakapolres menyampaikan peran aktif netizen sangat penting dan sangat dibutuhkan untuk mendukung tugas Polri dalam menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif dalam mengantisipasi arus informasi yang begitu cepat dimedia sosial terutama informasi hoaks agar cepat diantisipasi dan dicegah.

“Kami berharap sekali dukungan seluruh netizen di Melawi ini, dapat menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif. Senantiasa selalu berperan aktif mendukung Pilkada tahun 2020 dapat berjalan dengan aman, damai dan sejuk. Dengan turut serta bersama-sama pihak Kepolisian menjaga jagat maya (media sosial) dengan tidak menyebarkan konten-konten atau narasi yang meresahkan masyarakat, provokatif. Mari kita tangkal bersama dan ciptakan situasi kamtibmas yang kondusif,” ajaknya.

Wakapolres juga mengajak netizen ikut aktif melakukan share informasi-informasi yang positif, informasi yang bermanfaat untuk kemajuan Kabupaten Melawi.

“Terima kasih kepada PENA (Perhimpunan Jurnalis) Kabupaten Melawi yang telah menggelar acara diskusi publik hari ini. Kegiatan ini sebagai salah satu langkah yang baik, sebagai bentuk partisipasi Jurnalis Kabupaten Melawi dalam mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2020 di Kabupaten Melawi,” puji Wakapolres mengakhiri materinya.

Seluruh peserta sepakat, menolak dan menangkal bersama ujaran kebencian, berita hoaks (berita bohong) dan ujaran kebencian serta isu sara dimedia sosial. Untuk Pilkada Melawi Aman, Damai dan Sejuk.

 

 

Red

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *