Kementerian Kesehatan RI bangun Tiga Rumah Sakit Pratama di Nunukan

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Nunukan Kaltara – Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah membangun tiga Rumah Sakit Pratama di Kabupaten Nunukan, yakni di Kecamatan Sebuku, Sebatik, dan di Kecamatan Krayan.

Rumah Sakit Pratama di Kecamatan Sebuku sudah beroperasi namun belum maksimal karena peralatannya belum memadai. Untuk Rumah Sakit Pratama di Sebatik, juga sudah dibangun namun sarana dan prasarana belum siap begitu juga tenaga medisnya.

Kalau Rumah Sakit Pratama di Kecamatan Krayan baru saja usai dibangun pada Tahun 2019 Fisiknya, Tahun 2020 baru dirancang dan Tahun 2021 secara bertahap kita benahi masalah Listrik air bersih dan lainya.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan dokter Tololiu kepada Mitrapol. Senin (24/2).

Lanjut dokter Tololiu, rencananya Puskesmas yang ada di Sebatik akan ditutup dan para perawatan yang bertugas di Puskesmas akan dipindah ke Rumah Sakit secara bertahap.

Saya selaku kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan minta mereka sosialisasi dulu masyarakat mereka tahu jangan kaget nantinya.

Mungkin aja di sini Rumah Sakit Nunukan berdiri masyarakat mau disuruh ke sana.

Dekat Puskesmas kan di sini aja udah bisa Apa gunanya rumah sakit itu didirikan itu tuh anaknya ada spesialis disana.

walaupun Puskesmas rumah sakit di Sebatik itu kan bukan belum dipercaya Jaya.

Rumah sakit Pratama yang baru 4 dokter umum Nanti kalau dia sudah 6 bulan beroperasi Minimal kita usulkan ketipe D nanti ada spesialis.

Sebisa mungkin Rumah sakit Umum nunukan bisa kerjasama dengan Rumah sakit Pratama dan saling kordinasi dan saling melengkapi nanti Buat jadwal.

Alat-alat kesehatan untuk diadakan tahun ini Jadi kemungkinan tahun berikutnya itu nanti tenaga tapi kita sudah itung-itung tenaga persiapan.

Tahun ini 2020 belum ada anggaran operasional kan Nah jadi tahun depan 2020 baru mau diusulkan anggaran operasional.

Sementara Anggaran Operasional belum maksimal apa lagi yang sekarang ini dalam keadaan sulit anggaran. Tololiu

Mungkin tahun depan 2021 baru Mempersiapkan tenaga Medis Tenaga Perawat, Bidan dan tenga penunjang lainya.

Tahun depan kita persiapkan sarana prasarananya dulu yang bersifat wajib sudah tahun beru Sumber daya Manusianya yang mungkin paling penting.

Kalau Rumah Sakit Pratama di Krayan itu baru fisik bangunnya sudah tuntas namun banyak lagi yang harus dipersiapkan utamanya masalah Listrik, Semoga dan seinda apapun bangunan Rumah sakit kalau Listriknya tidak ada.

Kemungkinan di Krayan akan mengunakan Genset yang berskala tinggi begitu juga pengunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) kalau itu operasi selama 24 jam berapa banyak BBM yang kita Gunakan jadi semuanya harus di Rencanakan dipikirkan memang membangun itu muda hanya sekali tetapi operasionalnya melebihi nilai anggaran bangunan.

Lanjud dr Tololiu bahwa belum lagi pengunaan Air Bersih perumahan, dokter dan asrama perawat, bidan dan petugas lainya semua itu harus dipikir dan mengunakan anggaran yang tidak sedikit.

Setelah rumah pratama ini uda tuntas baru kementrian.kesehatan.melakukan peninjauan dilapangan untuk melakukan registrasi, sementara Rumah Sakit Pratama di Sebatik sudah register hanya Krayan yang belum.

Tinggal Kemenkes datang apa survei baru sudah memenuhi syarat dikasih Pak sertifikasi Rumah Sakit Pratama sudah terdaftar di sana, setelah baru Kementrian memikirkan aspal anggaran karena Rumah Sakit Pratama ini adalah Program Kementrian Kesehatan dan merupakan Nawacita presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

Soal status tanah memang pemerintah kabupaten menyiapkan lahan selain itu perlu dibuatkan Amdal (Analisis Dampak Lingkungan) begitu juga masalag Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) semua Serba Sertifikasi mendirikan bangunan harus bersertifikat beli alat medis harus bersertifikat terimah Bidan dan Perawat harus bersertifikat apalagi kalau dokter harus bersertifikat apalagi mendirikan Rumah sakit hrus bersertifikat makanya sertifikat itu sangat penting.

 

 

Reporter : Yusuf

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *