Polda Malut mulai berlakukan sistem ERI untuk pelayanan BPKB dan STNK

  • Whatsapp
Sosialisasi sistem electronic regident And Indentification (ERI) di Polda Maluku Utara.

MITRAPOL.com, Maluku Utara – Tim Korlantas Mabes Polri mensosialisasikan sistem electronic regident And Indentification (ERI) ke Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Maluku Utara (Malut), Selasa (25/2/2020).

ERI adalah sistem pendataan di bidang registrasi dan identifikasi secara elektronik. Sistem ini bisa mendeteksi kejahatan pemalsuan dokumen seperti BPKB dan STNK.

Kegiatan yang dibuka oleh Wakapolda Malut, Kombes Pol. Lukas Akbar Abriari ini dihadiri oleh Ka Korlantas Polri, Kombes Pol Drs. Onto Cahyono beserta Tim. Turut hadir, Pejabat Utama Polda Malut, Kasat Lantas Polres Jajaran, Perwakilan Instansi Terkait, dan Personel Ditlantas.

Wakapolda mengatakan, pelayanan registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor yang dulu dilakukan secara manual, kini beralih menjadi sistim ERI.

“Saya berharap alat komputer dan sistem ERI di pelayanan BPKB dan STNK pada tahun 2020 ini dapat dilaksanakan dan di operasionalkan dengan baik di Polda Malut. Semoga ini dapat meningkatan pelayanan kepada masyarakat lebih baik, khususnya dalam pelayanan regident kendaraan bermotor,” titip Wakapolda.

“Diharapkan sistem ERI yang telah dibangun oleh Korlantas Polri, dapat digunakan dengan sebaik-baiknya,” titipnya.

 

Ditempat yang sama, Kombes Pol Drs. Onto Cahyono berharap, kegiatan sosialisasi ini dapat digunakan sebaik-baiknya oleh Polda Malut dalam hal ini Direktorat Lalulintas.

“Saya Berharap dengan sistem Eri yang telah dibangun oleh Korlantas Polri ini dapat digunakan sebaik-baiknya oleh Polda Maluku Utara dalam Hal ini Direktorat Lalulintas atau yang mengawaki. Sehingga migrasi data BPKB dan STNK dapat terintegrasi satu sama lainya,” tutupnya.

Untuk diketahui, alat tersebut akan ditempatkan di sejumlah titik diantaranya, BPKB Dit Lantas Polda Malut memdapatka 15 unit dan 1 Server Induk. Samsat kota Ternate 8 unit ditamba 1 Server STNK.

Kemudian untuk Samsat Halmahera Barat, Halmahera Timur, Halmahera Selatan, Halmahera Tengah, Tidore Kepulauan, Morotai, Sula dan Halmahera Utara, masing-masing mendapatkan 7 unit serta 1 Server STNK.

Setiap alat sudah terinstal atau terpasang aplikasi ERI. Setiap Server yang terdapat di setiap Kantor Samsat terhubung ke server BPKB Dit Lantas Polda. Kemudian server BPKB Polda, terhubung langsung ke server Induk di Korlantas. Sebab Server pusat yang akan menyimpan semua database kendaran seluruh wilayah di Indonesia (Nasional).

 

 

Reporter : Sahwan

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *