SMK Negeri 3 Pandeglang, sekolah kejuruan yang “go Internasional”

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Pandeglang – SMK Negeri 3 Pandeglang berdiri berdasarkan Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pandeglang No. 25 tanggal 21 Juli 2003 tentang pembukaan dan Penegerian Sekolah tahun pelajaran 2002/2003.

SMK Negeri 3 Pandeglang sebelumnya termasuk kedalam sekolah kelompok Kelautan dan Perikanan dan program keahlian Nautika Perikanan Laut ( NPL ) Tahun 2001 dibuka program keahlian Nautika Perikanan Laut (NPL ) yang merupakan tahap awal berdirinya SMK Negeri 3 Pandeglang.

Sejalan dengan perkembangan dinamika masyarakat, dunia usaha dan dunia industri dalam memenuhi permintaan pasar kerja, SMK Negeri 3 Pandeglang mendapatkan rekomendasi dari Dewan Perwakilan Daerah ( DPR ) Kabupaten Pandeglang tahun 2001 untuk melakukan reegeneering membuka kelompok Perikanan Budidaya Ikan Air Laut, Budidaya Ikan Air Tawar dan Tehnik Pengolahan Hasil Perikanan, Tehnik pengolahan Hasil Pangan dan tahun pelajaran 2008/2009 SMK Negeri 3 Pandeglang telah membuka program keahlian Tehnik Informatika (TI) dan Otomotif.

Sekolah yang dipimpin Ir.Susila,MM saat disambangi diruang kerjanya memaparkan kepada mitrapol, bahwa sekolah SMK Negeri 3 Pandeglang ini menyediakan berbagai jurusan yang bisa diterapkan ataupun diajarkan kepada peserta didik.

“Jurusan yang ada di SMK Negeri 3 Pandeglang, Kehutanan, Nautika Kapal Penangkap Ikan, Teknik Sepeda Motor, Agribisnis Perikanan, Teknik Komputer Jaringan, Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan,” paparnya

Tambahnya, dalam rangka menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Taruna/taruni SMK Negeri 3 tidak akan kekurangan peralatan komputer yang sudah tersedia 70 buah komputer dan 20 laptop,dan semuat taruna/taruni akan mendapatkan simulasi.

Mengimplementasikan K13 di semua Program Keahlian Menjalin hubungan mitra Internasional untuk program keahlian yang diunggulkan KBM berbasis ICT di Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan Mencapai Nilai UN 6,00.

“Kami harus bisa Mewakili propinsi Banten dalam Lomba Kompetensi Siswa tingkat Nasional minimal satu Program Keahlian,” tegasnya.

“Kami harus menyediakan kemampuan 30 guru dalam berbahasa Inggris sebesar 25% dari kompetensi awal Menata ulang seluruh laboratorium yang ada di sekolah Menata arsip sekolah,Menata dan memelihara taman sekolah dan kebersihan lingkungan Menjadi Sekolah yang bertaraf internasional,” paparnya.

Selain itu, di SMK Negeri 3 Pandeglang ini akan Memberikan layanan prima terhadap masyarakat dan dunia usaha/dunia industri melalui pendidikan dan latihan teknologi berstandar nasional dan internasional

Mengutamakan penyiapan siswa untuk memasuki dunia kerja dan mengembangkan sikap profesionalisme Mengembangkan diri menjadi pusat pengembangan pendidikan di bidang kelautan, perikanan, informatika, otomotif dan agroteknologi pangan Melayani masyarakat untuk mendapatkan keterampilan kerja berstandar nasional maupun internasional.

“Kami juga sudah bekerjasama dengan pihak disdukcapil dalam pembuatan KTP, jadi nanti taruna/taruni lulusan SMK Negeri 3 Pandeglang ini sudah memiliki KTP. Selain itu kami juga membuka bursa kerja untuk tingkat Internasional bukan hanya untuk Lulusan SMK saja melainkan dari luar sekolah kami juga bisa kami perbantukan,” imbuh Ir.Susila,MM.

(Royen Siregar)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *