Percepat pelaksanaan program pemerintah, Kades terpilih Sisarahili Pulau-pulau Batu segera bentuk Lembaga Desa

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Nias Selatan – Sisarahili adalah salah satu desa hasil pemekaran desa pada tahun 2012 dikecamatan Pulau-pulau Batu kabupaten Nias Selatan provinsi Sumatera Utara. Sejak pemekaran desa itu belum terbentuk Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) yang menjadi mitra pemerintah desa seperti Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD), Lembaga Adat Desa (LAD) dan Karang Taruna dibidang kepemudaan desa.

Menyadari betapa pentingnya lembaga ini, kades terpilih Sisarahili Firman Amazihono segera melakukan pembentukan lembaga mitra, Minggu, (01/3), bertempat di Aula Balai Pertemuan desa Sisarahili. Hadir dalam acara itu ketua BPD dan anggota, Kepala desa terpilih dan para aparatnya. Kepala Dusun, tokoh masyarakat, tokoh Adat, tokoh wanita, tokoh pemuda dan seluruh warga desa itu.

Saat menyampaikan sambutan mengawali acara itu, ketua BPD Foluaha Lazira eks ASN yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Nias Selatan menghimbau agar semua warga desa Sisarahili berkontribusi dalam pembentukan lembaga mitra desa agar seluruh program pemerintah dapat efektif dan efisien.

Dalam sambutannya Firman Amazihono menyampaikan pentingnya lembaga desa sebagai mitra pemerintah desa yang akan mempercepat pelaksanaan berbagai program pemerintah di desa itu. “Lembaga desa merupakan wadah yang sangat penting didirikan demi percepatan pelaksanaan program pemerintah di desa Sisarahili”, ungkapnya.

Selanjutnya Firman Amazihono membacakan dasar hukum pembentukan LPM dari UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa Pasal 94 dan Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2015 Pasal 150-151 Tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Dalam Undang-Undang tersebut LPM mempunyai tugas membantu pemerintah desa dan merupakan mitra dalam pemberdayaan masyarakat desa. Firman juga membacakan tugas dan fungsi LKD, LAD dan Karang Taruna.

Firman Amazihono mengharapkan adanya kerjasama yang harmonis baik antara pengurus lembaga maupun antara lembaga dengan aparat pemerintahan desa. “Saya sangat berharap agar antar sesama pengurus lembaga maupun dengan aparat pemerintah desa Sisarahili tetcipta kerjasama harmonis demi tercapaian tujuan pemerintah dalam menjalankan program pemerintah yang bertujuan mensejahterakan masyarakat,” harap Firman yang berlatarbelakang aktifis dari beberapa lembaga kemasyarakatan.

 

 

Reporter: Emanuel B.

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *