BNNK Mimika temukan Narkoba jenis baru

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Mimika mengungkap “New Physcoactive Substances” (NPS) atau narkoba jenis baru berbentuk Tembakau.

Tembakau yang diketahui bersintetis ini berjenis Golden Barong.

Hal ini terungkap saat Satres Narkoba Polres Mimika bersama BNNK Mimika dan Kejaksaan merilis hasil tangkapan Narkotika jenis sabu dan ganja di Timika.

“Dari hasil uji laboratorium terkait tembakau ini, unsur kimianya menyebabkan nogen atau halusinasi dan dikategorikan sebagai zat berbahaya,” kata Penyuluh Narkoba BNN Mimika, Hidayah Ajeng Ariyanti di Timika, Senin, (2/3).

Penyuluh Narkoba BNN Mimika, Hidayah Ajeng Ariyanti

Hidayah juga menyebutkan, meskipun pelakunya sudah ditangkap namun belum bisa diproses hukum karena tembakau dengan zat berbahaya ini masuk kategori baru dan belum tercatat sebagai golongan narkotika di peraturan kementerian kesehatan (Permenkes).

“Ada satu orang pelaku dan satu orang saksi yang diamankan pada 15 Februari lalu di jalan Pendidikan, Timika, sempat (mereka) kami tahan untuk dimintai keterangan dan setelahnya dibebaskan,” kata Hidayah.

Hidayah menambahkan, atas temuan tembakau yang bisa menyebabkan halusinasi tersebut, nantinya pihak BNNK akan mengusulkan agar masuk di aturan perubahan Permenkes terbaru.

“Tembakau jenis Golden Barong ini bersifat sintetik dan bisa menyebabkan halusinasi, ini zatnya masuk kategori berbahaya,” ujar Pihak BNNK Mimika.

BNNK Mimika menghadirkan barang bukti Tembakau jenis Golden Barong didalam 9 Kantong dengan total berat 4,4gram.

Usai merilis kemudian barang bukti yang ada dimusnahkan dengan cara dibakar yang disaaksikan pihak Satres Narkoba Polres Mimika dan pihak Kejaksaan Mimika di Kantor Pelayanan Polres Mimika, Senin, (2/3).

 

 

Reporter : AQM

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *