Kapolres Mappi: Harus ada kesepakatan dari empat marga soal pembayaran tanah polres

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Kab. Mappi – Pemilik hak Ulayat mendatangi Polres Mappi pada Rabu (4/3/2020) sekitar pukul 10:15 wit guna membicarakan kelanjutan mengenai pembayaran tanah Polres yang dulunya adalah Polsek Kepi.

Kapolres Mappi, AKBP. Cosmos Jeujanan yang menerima perwakilan pemilik tanah di ruang kerjanya mengatakan, “saya menginginkan kejelasan dari pemilik ulayat, mereka harus menentukan siapa saja pemilik sah dari tanah ini. Barulah saya dapat menjelaskan kepada pemerintah dalam hal ini Bupati Mappi bapak Rito dan Kapolda Papua, bahwa sudah ada kesepakatan di antara mereka sebagai pemegang hak warisan sah dari ayah, tete, dan moyang,” jelasnya.

Menurutnya, hal itu agar mereka bisa mendapatkan hak – hak nya sebagai orang asli Papua di era otonomi khusus saat ini.

AKBP. Cosmos memaparkan, tanah polres ini pada waktu dahulu diberikan pada pihak kepolisian untuk membangun Polsek Kepi disini saat itu, namun penyerahan tanah ini bersifat sukarela atau ada pembicaraan lainnya diwaktu itu saya sendri tidak tahu, akan tetapi beberapa bulan ini anak cucu dari pemilik tanah datang menghadap saya dan meminta pembayaran tanah yang saat ini sdh menjadi Polres Mappi.

Lanjut dia, “Mengenai batas – batas tanah saya rasa pemilik ulayat lebih tahu, yang saya mahu adalah kejelasan agar pembayaran tanah ini benar-benar tepat jatuh ke tangan pemilik ulayat. Biar di kemudian hari tidak ada lagi oknum-oknum- yang datang menuntut haknya,” ujarnya.

“Saya tahu ada kesalahpahaman di antara pemilik hak ulayat mereka semua saudara beradik kaka, jadi diharapkan masalah ini mendapat jalan tengah yang baik,” tambahnya.

Masih menurut AKBP.Cosmos, respon bapak bupati sangat baik dan beliau sedang menunggu saya untuk menindak lanjuti persoalan tanah ini, untuk itu saya mendesak pemilik ulayat segera menyelesaikan permasalahn di antara mereka,” tutup Kapolres Mappi AKBP Cosmos Jeujanan.

( YON )

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *