Wujudkan keadilan dan kesetaraan gender, Dinas PPPA Muba gelar pelatihan PPRG

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Sekayu – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Musi Banyuasin menggelar Pelatihan Perencanaan Penganggaran yang Resposif Gender (PPRG), Selasa (03/03/2020).

Adapun tujuan dari Pelatihan ini adalah untuk mencapai keadilan dan kesetaraan gender. Selain itu, untuk menegakkan hak-hak perempuan dan laki-laki atas kesempatan yang sama, pengakuan yang sama dan penghargaan yang sama dalam berbangsa dan bernegara dengan membantu mengurangi kesenjangan gender.

Acara pelatihan ini, dibuka langsung oleh Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin melalui Staf Ahli Bupati Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan H Haryadi Karim SP MSi, berlangsung di Gedung Dharma Wanita Sekayu. Dan menghadirkan langsung nara sumber dari Konsultan PPRG Kementerian PPPA RI Rinusu SE ME dan Wakil Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Patah Palembang Dr RR Rina Antasari Sh M Hum

 

Dalam sambutannya, Staf Ahli Bupati Bidang Hukum, H Haryadi Karim SP MSi mengatakan, pengarusutamaan gender dalam pembangunan adalah strategi yang digunakan untuk mengurangi kesenjangan antara laki-laki dan perempuan dalam mengakses dan mendapatkan manfaat pembangunan, serta meningkatkan partisipasi dan mengontrol proses pembangunan.

“Penyusunan PPRG tidaklah sederhana, Harus menggunakan data terpilih sebagai cara untuk merumuskan isu gender dan merumuskan rencana aksi yang berkeadilan. Oleh karenanya PPRG membutuhkan latihan terus menerus sehingga secara langsung terintegrasi dalam perencanaan pembangunan secara massif. Meningkatkan indeks pembangunan manusia dan indeks pembangunan gender dan pada akhirnya dapat menjadi salah satu strategi penurunan angka kemiskinan di Kabupaten Muba,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Muba Dewi Kartika SE MSi mengatakan, Pelatihan PPRG ini untuk menunjang percepatan perencanaan penganggaran yang responsif gender pada perencanaan dan penganggaran di Organisasi Perangkat Daerah.

“Pengetahuan dan pemahaman bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tentang implementasi Pelatihan Pengarusutamaan Gender (PUG) melalui PPRG memberikan keterampilan teknis bagi PD untuk memahami penyusunan PPRG melalui analisis gender dan penyusunan gender budget statement (GBS) serta penyusunan kerangka acuan kerja,” tutupnya.

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *