Jelang penerimaan siswa baru, SMA 2 akan dibuka di Nunukan Selatan

  • Whatsapp
Kepala Bidang (Kabid) Sapras Dinas Pendidikan Kabupaten Nunukan H. Junaidi SH

MITRAPOL.com, Nunukan – Peraturan Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentang zona penerimaan siswa menjadi problem bagi masyarakat Kabupaten Nunukan pada saat penerimaan siswa baru.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Pemerintahan Kabupaten Nunukan H. Junaidi. Rabu (4/3) di ruang kerjanya.

Lanjut H. Junaidi. SH, adanya wacana pembukaan SMA 2 di Mamolo Kelurahan Tanjung Harapan, Kecamatan Nunukan Selatan yang akan menumpang di Sekolah Dasar SD.02 Mamolo, itu bukan kewenangan kami dari Dinas Kabupaten karena penerimaan SMA adalah kewenangan Dinas Pendidikan Provinsi.

Agar tidak terulang kembali kekisruhan dalam penerimaan siswa baru seperti tahun kemaren, kita sudah berkoordinasi dengan Kepada Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Utara untuk membagun sekolah baru.

Rencana akan dibangun Tahun 2020 sambil menunggu tahun ajaran baru, nanti kita menerima pendaftaran sekolah murid baru untuk sementara kami siap bekerja sama dan siap membantu meminjamkan ruangan SD.02 Mamolo untuk anak-anak SMA yang angkatan pertama lulusan SMP dan dinunukan Selatan ada 3 SMP yakni SMP negeri Kalpung Baru SMP negeri Tanjung Harapan dan SMP 3 Lancang dari 3 lulusan SMP ini tidak munkin semua bisa diterima di SMA Negeri Nunukan Selatan .

Harapan saya selaku Kadis Pendidikan Kabupaten Nunukan, lulusan SMP bisa menikmati sekolah SMA dan melanjutkan tidak seperti yang kemarin anak SMP yang yang mau melanjutkan ke SMA mendaftar di SMA 1 mendaftar di SMA dan SMk mereka ditolak karena zonanya tidak mengerti.

Saya selaku Kepala Dinas Pendidikan selalu berkordinasi dengan Bupati Nunukan tentang solusi agar anak-anak lulusan SMP tidak putus sekolah akibat tidak diterimahnya di Sekolah Negeri.

Permintaan masyarakat kepada Bupati Nunukan melalui Dinas Pendidikan mereka meminta Sekolah Menegah Atas (SMA) dibangun di wilayah Nunukan Selatan untuk bisa menampung lulusan SMP di Nunukan Selatan. Bupati Nunukan focus kepada pelayanan dasar tentang pendidikan.

Saat ditanya apakah siswa SD. 02 Mamolo Nunukan Selatan tidak terganggu proses belajar mengajarnya ketika ruangan kelasnya digunakan oleh SMA 2 Mamolo

Kadis pendidikan menjawab, bahwa tidak akan menganggu sama sekali karena Sekolah Dasar (SD) itu masuk pagi – pulang siang, sedang SMA proses belajar- mengajarnya siang hingga sore hari.

“Saya memohon dukungan dari masyarakat agar rencana pembangunan SMA Negeri 02 Nunukan Selatan cepat terealisasi dan terbangun dengan baik agar anak anak dari Nunukan Selatan tidak lagi sekolah di SMA Nunukan Induk yang cukup jauh,” pungkas H. Junaidi. SH.

 

 

Reporter : Yuspal

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *