Sat Binmas Polres Lampung Barat gelar FGD bahas tugas dan kewenangan Pokdar Kamtibmas

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Lampung Barat – Sat Binmas Polres Lampung Barat menggelar Focus Group Discussion (FGD) Tentang tugas dan Kewenangan Pokdar Kamtibmas Polres Lampung Barat di aula Beranda Rakyat yang di pimpin langsung Kapolres Lampung Barat AKBP Rachmat Tri Hariyadi,S.IK.,M.M. dan dihadiri Ketua Pokdar Kamtibmas Jafar Sidik, beserta pengurus pokdar berikut anggota pokdar lainnya, Kamis (05/03/2020).

Dalam sambutan Kapolres Lampung Barat AKBP Rachmat Trihariyadi, S.IK.M.H. menerangkan, Acara focus group discussion tentang tugas tugas dan kewenangan kelompok sadar kamtibmas. Pokdar kamtibmas memiliki selogan yaitu “nggak boleh marah-marah”.

Pokdar kamtibmas adalah suatu organisasi yang di bentuk dalam rangka membantu kepolisian dalam upaya-upaya kita mendekatkan diri ke masyarakat.

Pokdar kamtibmas ini terdiri dari orang-orang yang menyadari dan memahami bagaimana kamtibmas itu adalah merupakan suatu kebutuhan di masyarakat dan juga kebutuhan dalam pembangunan kabupaten, provinsi maupun negara ini.

“Karena tanpa sebuah situasi kamtibmas yang kondusif, tentunya pembangunan tidak akan terdukung dengan baik,” terang Kapolres.

Pokdar kamtibmas ini payung hukumnya adalah perpolisian masyrakat dimana sebuah kemitraan antara polisi dan masyarakat sehingga diharapkan kemitraan ini bisa lebih berperan kepada masyarakat bagaimana upaya-upaya kita terkait pemecahan masalah, dan melakukan penyuluhan-penyuluhan.

“Diharapkan pokdar kamtibmas di Lampung Barat ini bisa secara berkelanjutan,Pokdar kamtibmas sudah di bentuk pada tanggal (31/12/2019).Harapan saya selaku Kapolres Lampung Barat, Pokdar Kamtibmas ini bisa betul-betul berperan pada masyarakat terkait dengan pembinaan masyarakat,” jelasnya.

Diharapkan kedepannya pokdar kamtibmas ini juga bisa di bentuk dalam tingkat polsek/ kecamatan. Diharapkan ada hasil yang kita terima dari pertemuan ini sehingga kita bisa mengusulkan kepada bapak bupati untuk mendukung kegiatan-kegiatan pokdar kamtibmas.

Terkait Method (Metode) dalam cara bekerjanya ini lah yang akan kita bahas hari ini dari pemaparan yang akan di sampaikan saat penyampaian materi.

“Semoga apa yang kita laksanakan hari ini mendapatkan berkah dari yang maha kuasa dan menjadikan kepolisian republik indonesia dan pokdar kamtibmas bisa eksis dan bisa bermanfaat untuk masyarakat, bangsa dan negara,” ungkap kapolres.

Sementara ketua Pokdar Kamtibmas Jafar Sidik menyampaikan, “Kami mewakili rekan-rekan pokdar kamtibmas Lampung Barat mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak kapolres yang telah membesarkan pokdar lampung barat ini untuk bisa mengabdi ke masyarakat lampung barat secara lebih luas,” ucap Ketua Pokdar.

Keberadaan pokdar kamtibmas adalah bermitra atau tangan kanan kepolisian dalam rangka menjaga situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah lampung barat dan harapannya pokdar kamtibmas ini bisa sampai ke kecamatan dan pekon.

Untuk itu dibutuhkan semangat dan ke ikhlasan kita di dalam kita ingin memberikan yang terbaik untuk daerah kita tercinta ini demi kenyamanan dan keamanan masyarakat.

Diharapkan kita bisa mensosialisasikan kepada masyarakat kita tentang tugas fungsi sekaligus apa yang bisa di lakukan oleh pokdar kamtibmas ini.

“Ayo bersama-sama merumuskan apa yang bisa kita lakukan kedepannya setelah kita mendengar arahan yang akan di berikan kita dapat memahami apa yang harus kita lakukan,” ajak ketua Pokdar.

 

(Reporter : Deni Andestia)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *