Kuwu Desa Lebak Mekar, lakukan sapa warga keliling kampung

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Cirebon – Kuwu Desa Lebak Mekar Alek Setiawan, sesuai dengan cita-cita luhurnya ingin membuktikan memberikan pengabdiannya kepada Masyarakat ketika dirinya dipercaya memimpin Desa Lebak Mekar.

Niat tulusnya menjadi mimpi kenyataan, Alek Setiawam dipercaya menjadi Kuwu Desa Lebak Mekar sampai dua periode, Alek Setiawan yang selama ini selalu siap melayani warganya kemana masyarakat membutuhkan pelayanannya, hingga hampir jarang ketemu dengan Keluarganya, karena siang malam Standby di Kantor Desa.

Banyak hal yang sudah dilakukannya selama menjadi Kuwu Desa Lebak Mekar, seperti merenovasi Kantor Desa Lebak Mekar sehingga bisa memberikan rasa nyaman dalam hal Pelayanan kepada Masyarakat.

Kuwu Desa Lebak Mekar Alek Setiawan

Kepada Wartawan Mitrapol ketika dihubungi via WhatsApp, Alek mengungkapkan bahwa upaya yang sedang dilakukan selama ini menjadi Kuwu Desa Lebak Mekar adalah menjalin komunikasi dengan Warga, Tokoh Ulama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan ibu-ibu pkk hingga seluruh Rt/Rw di Desa Lebak Mekar. Sementara BPD sebagai Mitra Kerja Kepala Desa hanya mendampingi saja, namun tidak mengurangi kinerja BPD sebagai Mitra Kerja Kepala Desa Lebak Mekar.

Lanjut Alek, pengalaman yang berkesan selama menjadi kepala Desa Lebak Mekar dalam memberikan Pelayanan kepada warga, adalah ketika ada warga yang melapor ke Desa Tengah malam ada keluarganya yang sakit kemudian minta diantar ke Rumah Sakit Gunungjati Cirebon, saat itu saya masih pakai celana pendek, kaos oblong, sampai Dokter sama suster memperhatikan saya.

Ya kita pura pura ga ngerti saja, kita kan yang terpenting bisa mengantarkan dan bisa melakukan Penyelamatan warga kita, mereka mau bilang apa terserah memang kondisinya seperti ini Darurat or Emergencial. Pada prinsipnya kita sebagai bagian dari Pelayan Masyarakat sudah barang tentu kapanpun, jam berapapun dan dimanapun kita harus selalu Siap Siaga memberikan Pelayanan kepada Masyarakat.

Alek Setiawan sosok Kuwu Desa Lebak Mekar yang Kharismatik, Supel, Tegas, Amanah namun sesekali Gaul. Alek Setiawan yang dalam akun Fb tertulis ” Ki Amuk Marugul II “, yang artinya Pengabdian Ki Amuk Marugul untuk jilid ke-2.

Pengabdian yang tulus lahir dan bathin sehingga tercipta suasana masyarakat dan warganya yang humanis, rasa tentrem ayem aman dan Kondusif nampak terlihat dipintu masuk Kantor Desa Lebak Mekar.

Aura positif menyelimuti ruang Kerja Pemerintah Desa dan ruang pelayanan Masyarakat, sehingga nampak pelayanan Masyarakat terhilat akrab dan santun dalam menjalankan Tupoksinya.

Masih dengan Kuwu Alek, sekarang Program Pemerintah Desa yang sedang dilaksanakan oleh Kepala Desa Lebak Mekar Alek selain membantu, mengurus dan mengantarkan warga yang sakit terkadang tidak tertolong hingga meninggal. Memang ini tugas saya sebagai Kuwu yang dipilih langsung oleh rakyat, oleh karena itu saya ingin melakukan hal yang terbaik untuk masyarakat kita sendiri.

Dengan cara apa ya dengan cara apa yang bisa kita lakukan, selain Program Kesehatan disinipun kami siap melakukan fardu kifayah, membantu jenazah yang meninggal tanpa sanak saudara kami pun tetap urus sesuai hukumnya, disini kita melayani masyarakat tidak pandang bulu, karena semua warga kita masyarakat Desa Lebak Mekar.

Ada salah satu Program rutinitas yang dilaksanakan warga masyarakat Desa Lebak Mekar, yaitu setiap malam Jum’at kita selalu melakukan Tawassulan atau Tahlilan bersama, termasuk Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa Desa Lebak Mekar. Terkadang Kapolsek dan Danramil juga ikut bergabung berSholawat hingga selesai. Sekarang sudah sampai 105 malam Jum’at kita melakukan kegiatan ini, dan alhamdulillah setiap malam Jum’at Anggotanya semakin bertambah. Berarti Masyarakat menganggap kegiatan ini positif dan bermanfaat.

Disamping kegiatan Tahlilan atau Tawasul pada setiap malam Jum’at, kini Program Gubernur yang sudah di canangkannya yaitu Program Sapa Warga. Dimana warga dapat berinteraksi langsung dengan Pa Kuwu Desa Lebak Mekar, untuk menyampaikan keluhan-keluhannya yang berkaitan dengan Pembangunan Desa Lebak Mekar. Pungkas Kuwu Desa Lebak Mekar Alek Setiawan.

 

 

Reporter : Darto

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *