Minta evaluasi kinerja Kajari, massa PP demo di Kejatisu Medan

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Medan –  Ratusan massa PP (Pemuda Pancasila), menggelar aksi demo di depan Kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumut Jalan AH Nasution Medan, Senin (9/3/2020). Mereka minta Kajati Sumut untuk mengevaluasi kinerja Kajari Medan

Koordinator Aksi Fahrul Hafiz Effendi dalam orasinya menyebutkan, kecewa dengan tuntutan jaksa perkara penganiayaan yang menewaskan rekan mereka, Syahdilla Hasa.

“Kami protes rendahnya tuntutan terhadap terdakwa. Kami minta Kajati untuk mengevaluasi kinerja Kejari Medan,” ujar pendemo.

Menurut pendemo terdakwa hanya dituntut 4 tahun penjara pada persidangan  di PN Medan. Makanya,
pendemo mendesak Kajati Sumut, Amir Yanto mengevaluasi kinerja oknum petinggi di Kejari Medan.

Asintel Kejatisu Andi Murji Machfud sempat mencoba untuk menerima delegasi namun ditolak massa. Massa melalui orator aksi yang berdiri di bak terbuka minibus yang parkir di depan Kantor Kejati Sumut meminta agar mereka diterima langsung Kajati Sumut, Amir Yanto.

Kajati Sumut diwakili Asintel Andi Murji Machfud akhirnya diperkenankan naik ke atas minibus untuk menyampaikan pesan pimpinannya.

Andi Murji mengatakan, pihaknya akan melakukan eksaminasi atau pemeriksaan terhadap jaksa yang menangani perkara pembunuhan Syahfila Hasan Affandi.

“Mohon maaf, Pak Kajati tidak berada di kantor. Namun demikian Beliau telah memberikan petunjuk. Ada (korban) yang meninggal. Kami akan melakukan eksaminasi tuntutan empat tahun tersebut,” tegas Andi Murji.

Petunjuk Kajati Sumut lainnya, timpal Andi Murji, akan dilakukan pemeriksaan terhadap jaksa yang menangani kasus tersebut.

Lebih lanjut dikatakan, hasil koordinasi dengan penyidik, pihak kepolisian sedang mengusut dugaan adanya pelaku intelektual atau menggerakkan untuk melakukan penganiayaan terhadap korban.

Usai mendapatkan paparan dari Asintel, didampingi Kasi Penkum Sumanggar Siagian, kemudian ratusan pendemoe secara tertib meninggalkan arena demonstrasi.

Namun pendemo sempat mengultimatum akan kembali dengan massa yang lebih banyak, bila dalam dua hari, sikap Kajati Sumut tidak direalisasikan.

 

 

 

Reporter : ZH

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *