Kementerian PUPR serahkan aset ke Pemkab Pandeglang

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Pandeglang – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Pengembangan Kawasan Permukiman Direktorat Jenderal Cipta Karya menyerahkan aset senilai Rp 22,246 miliar ke Pemerintah Kabupaten Pandeglang.

Penandatanganan Serah Terima Aset dan Serah Terima Kelola Sementara Barang Milik Negara (BMN) ditandatangani langsung oleh Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Banten Rozali Indra Saputra kepada Bupati Pandeglang Irna Narulita, pada acara Serah Terima Aset dan Serah Terima Kelola Sementara Barang Milik Negara (BMN) di Pandeglang. pada Sabtu (7/3/2020).

Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Banten Direktorat Pengembangan Kawasan Permukiman Rozali Indra Saputra mengatakan, penyerahan aset itu berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor PMK 246/PMK.02/2014 Tentang Tata Cara Pelaksanaan Penggunaan Barang Milik Negara (BMN) ia berharap aset aset yang sudah dibangun tersebut dapat dikelola dengan baik oleh pemerintah kabupaten Pandeglang.

Pengelolaan barang/aset milik negara atau milik daerah terkadang menjadi permasalahan klasik di berbagai instansi, karena kurang fokusnya instansi terhadap pengelolaan dan pemeliharaan aset yang ada, “Terlihat dari catatan atas opini Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap keuangan Pemerintah dan Pemerintah Daerah yang hampir setiap tahun masih didominasi masalah pengelolaan barang milik negara,” ucap Rozali.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Banten Rozali Indra Saputra.

Kegiatan tersebut kami lakukan serah terima aset BMN kepada Pemerintah Kabupaten Pandeglang. Untuk kegiatan yang diserah terima kelola sementara diantaranya 53 unit bangunan sekolah, kegiatan pengembangan kawasan permukiman perdesaan prioritas nasional Jiput, pembangunan jaringan perpipaan mata air Kaduanjing Desa Teluk Kecamatan Labuan, dan penanganan sanitasi KSPN Tanjung Lesung KSPN Pandeglang, tambah Rojali.

Rozali menyampaikan, pada tahun anggaran yang lalu Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui BPPW Banten telah melaksanakan pembangunan infrastruktur seperti di kawasan taman permanen di Kecamatan Sumur, ruas jalan desa di Kecamatan Koroncong dan Kecamatan Panimbang, jaringan induk distribusi kapasitas kecil di Desa Banjarnegara Kecamatan Pulosari, Desa Tanjung Kecamatan Cikeusik, dan Desa Kaungcaang Kecamatan Cadasari, Jaringan Induk Distribusi Kapasitas Sedang di Kecamatan Sumur, Kecamatan Cikeusik, Desa Kadu Payung Kecamatan Menes, Desa Langensari Kecamatan Saketi, dan Desa Sukalangu Kecamatan Saketi.

“Hasil terakhir ada beberapa sekolah yang sudah 15 sampai 20 tahun belum pernah di rehabilitasi dan kami Kementerian PUPR diamanatkan untuk melakukan rehabilitasi secara langsung untuk kebutuhan sekolah sesuai konsep kita kedepan bahwa kita akan mewujudkan SDM Indonesia yang lebih Unggul”, ucap Rozali.

Bupati Irna mengatakan, “Terimakasih kepada Kementerian PUPR melalui Direktorat Pengembangan Kawasan Permukiman Direktorat Jenderal Cipta Karya yang telah mempercayakan Barang Milik Negara (BMN) pada Pemerintah Kabupaten Pandeglang, akan tetapi masih ada beberapa BMN yang sudah selesai namun belum ada kejelasan dalam pengelolaannya, oleh karena itu ia berharap BMN yang belum jelas tadi bisa segera diserahkan kembali pada Pemkab Pandeglang agar pengelolaannya bisa lebih maksimal”, ucapnya.

Acara di tutup dengan tarian daerah yang berjudul Sunda dengan keunikan dan ciri khas dari Kabupaten Pandeglang.

 

 

Reporter : Yoedi

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *