Pengelolaan Dana Desa Beurandang diduga terindikasi korupsi

  • Whatsapp
Darwin Eng (kiri) dan Ketua LSM Acheh Future Razali Yusuf

MITRAPOL.com Aceh Timur – Pengelolaan dana desa (DD) tahun 2019 Gampong Beurandang Kecamatan Nurussalam Kabupaten Aceh Timur diduga berselamak masalah dan terindikasi korupsi, Rabu (11/03/2020).

Berdasarkan data dan informasi yang berhasil di himpun media Mitrapol.com, dari berbagai sumber menemukan adanya dugaan kuat pengelolaan dana desa di Gampong Beurandang berselemak masalah.

Menurut Keterangan dari seorang warga Berandang yang tak ingin disebut namanya mengungkapkan, “Pengelolaan DD Tahun 2018 sampai tahun 2019 Gampong Beurandang diduga banyak masalah, tak transparan dan pelaksanaan nya tidak sesuai dengan aturan,” ujarnya.

Banyak kegiatan yang tak selesai dikerjakan, pekerjaan nya pun tak sesuai dengan speksifikasi, keuangan dikelola langsung oleh keuchik/Kepala Desa tidak ada papan informasi, APBG grafik tahun 2019

“Disamping itu juga Dokumen Rab gak pernah diserahkan kepada Tuha Peut Gampong(TPG) selaku lembaga pengawas gampong,” ujarnya.

Pegiat Sosial Darwin Eng saat di minta tanggapan terkait carut marut nya pelaksanaan dan pengelolaan DD di Gampong Beurandang sangat menyesalkan pola pengelolaan dana desa, padahal ini sudah tahun kelima dana desa di berikan oleh pemerintah, tapi dalam pengelolaan nya banyak bermasalah.

Dugaan korupsi dan penyalahgunaan  wewenang Keuchik Beurandang harus mendapat perhatian semua pihak.

“Kita minta Bupati Aceh Timur selaku pembina pemerintah gampong untuk menindak tegas Kepala Desa yang bermain main dengan dana desa,” pintanya.

“Dalam hal ini juga kita minta Kajari, Kapolres dan Inspektorat untuk mengusut tuntas dugaan penyimpangan pengelolaan dana desa di Gampong Beurandang,” sebutnya.

“Data dan informasi awal ini bisa menjadi acuan sebagai pintu masuk untuk mengusut dan memeriksa keuangan dan kegiatan Desa Beurandang,” ujar Darwin.

Hal senada juga di sampaikan Ketua LSM Acheh Future Razali Yusuf, “Kita sangat sayang dan sesalkan bila informasi ini benar. Kapan Desa akan maju, bila watak dan prilaku pemimpin bermental korup dan tak memiliki moral serta tanggung jawab dalam memajukan Gampong nya sendiri,” pungkas Razali Yusuf.

Saat awak media Mitrapol.com mencoba menghubungi Kepala Desa Beurandang via handphone, beliau berjanji akan segera menghubungi kembali untuk dijelaskan, namun sayang hal itu tidak dilakukan, dikonfirmasi via pesan Whatsapp hanya di baca saja, namun tidak dibalasnya sampai berita ini diturunkan.

(Reporter: Zul Aceh)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *