Tiga tersangka pembunuh Hakim Jamaluddin dilimpahkan ke Kejari Medan

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Medan – Kejaksaan Negeri (Kejari) Medan menerima pelimpahan tiga tersangka perkara pembunuhan hakim PN Medan Jamaluddin dari penyidik Polresta Medan, setelah berkas perkara dinyatakan lengkap (P21) oleh Kejari Medan pada 27 Pebruari 2020 lalu.

Pelimpahan tersangka berikut barang bukti dilaksanakan di Kejari Medan jalan Adinegoro Medan, Selasa (10/3/2020) pagi hingga siang, yang nantinya akan disidangkan di PN Medan.

Menurut sumber di jajaran kejaksaan, tiga tersangka yang dilimpahkan, yakni Zuraida Hanum (41), pelaku utama yang berstatus isteri Jamaluddin, dan dua eksekutor Jefri Pratama (42), dan Reza Fahlevi (29). Para tersangka tiba di Kejari Medan pukul 09.36 WIB.

Selain melimpahkan tersangka, penyidik turut menyerahkan barang bukti, satu unit mobil Toyota Land Cruiser Prado nomor polisi BK 77 HD warna hitam, mobil Toyota Camry BK 78 ZH, dan sepeda motor Honda Vario BK 5898 AET.

Sementara, Kasat Reskrim Polrestabes Medan AKBP Maringan Simanjuntak kepada wartawan mengatakan, berkas sudah dinyatakan lengkap oleh pihak Kejari Medan pada 27 Februari 2020 lalu, “Sudah P 21, tersangka dan barang bukti kita kirim ke Jaksa,” katanya.

Kasipidum Parada Situmorang mengakui berkas perkara sudah dilengkapi, sebelum para pelaku dititipkan sementara ke Rumah Tahanan Negara (Rutan) Tanjung Gusta Medan.

Saat pelimpahan, tersangka Zuraida Hanum tampak menangis terisak sembari meneken sejumlah berkas. sesudahnya, para tersangka berganti kostum dengan kaos oblong merah bertuliskan “Tahanan Kejari Medan” .

Disebut-sebut dalam perkara ini, ketiga tersangka sudah menyiapkan rencana, seolah-olah korban meninggal akibat serangan jantung. Jamaluddin dibekap saat tidur lelap di rumahnya di Perumahan Royal Monaco, Medan Johor.

Disebutkan pula, Zuraida Hanum ikut menimpa kaki korban yang sempat meronta-ronta. Bahkan beberapa jam tersangka Zuraida sempat tidur bersama suaminya, yang diduga kuat sudah tidak bernyawa lagi.

Seperti telah diberitaakan sebelumnya, Jamaluddin ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa di sebuah jurang di Dusun II Namo Rindang, Desa Suka Dame, Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Jumat (29/11/2019).

Korban ditemukan warga dalam kondisi tak bernyawa dalam mobil Toyota Land Cruiser Prado nomor polisi BK 77 HD warna hitam. Saat ditemukan jenazah Jamaluddin telah membiru dan terbaring kaku di bangku belakang.

Ketiga tersangka dijerat pidana Pasal 340 KUHPidana yakni pembunuhan berencana dengan ancaman maksimal hukuman mati.

 

 

Reporter : ZH

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *