Buka Rakerda I PDIP Sulsel, Hasto ajak kader menghargai nilai sejarah peradaban Indonesia

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Makassar – Dewan Pimpinan Daerah PDIP Provinsi Sulawesi Selatan (DPD PDIP Sulsel) menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) yang dilaksanakan di Hotel Claro Makassar, Rabu (12/3/2020).

Adapun kegiatan tersebut mengusung tema “Solid Bergerak Mewujudkan Indonesia Negara Industri Berbasis Riset dan Inovasi Nasional” dimana kegiatan tersebut dibuka oleh Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristianto.

Dalam arahannya sekaligus membuka acara, Sekjen DPP PDIP Hasto Kristianto menyampaikan bahwa Besar harapan kegiatan Rakerda tersebut menjadi penyemangat baik bagi kader dan pengurus di Sulsel.

Hasto mengajak semua kader banteng untuk mengingat dan menghargai nilai sejarah peradaban Indonesia yang memberikan sumbangsih besar terhadap dunia. Nilai-nilai itu yang kemudian digali oleh Bung Karno dan dituangkan dalam Pancasila.

“Rekam jejak peradaban Nusantara itu membangun dunia,” katanya. Hasto menegaskan, Bung Karno menggali Pancasila dari sejarah peradaban Indonesia, kebudayaan, maupun agama-agama yang ada.

“Beliau dengan bangga menegaskan bahwa Indonesia satu, yang bertanah air satu, berbangsa satu, itulah berdiri kukuh di atas dasar Pancasila itu,” ujarnya.

Karena itu, Hasto menegaskan bahwa PDIP terdepan mengadang bila ada mereka yang ingin mengganggu Pancasila. “Mengganggu Pancasila sama saja ingin mengubah watak dan jiwa kepribadian bangsa Indonesia. Karena itu, kita selalu berdiri kukuh,” tegasnya.

Semangat itu diperkuat lagi dengan pesan yang dititipkan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri untuk seluruh kadernya. Hasto berujar, Megawati mengingatkan semua bahwa berpolitik untuk membangun rasa optimistis.

Hasto pun mengajak dalam rakerda ini untuk bersama-sama mewujudkan spirit yang betul-betul kukuh, dan bulat sehingga tidak bisa dipecah dengan ancaman apa pun.

“Solid bergerak itu adalah dinamis progresif, mempunyai tujuan untuk mewujudkan negara berbasis riset dan inovasi,” tegasnya.

Bagi PDIP, ujar Hasto, berpolitik bukan semata untuk kekuasaan. Namun, lanjut dia, menggunakan kekuasaan itu untuk meningkatkan harkat dan martabat masyarakat.

Rakerda ini dihadiri Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, Wakil Ketua DPD PDIP Bidang Perempuan, Kesehatan dan Anak, Sri Rahayu, Ketua DPD PDIP Sulsel Ridwan Andi Wittiri, serta Sekretaris DPD PDI Perjuangan Sulsel, Rudy Pieter Goni, serta para bakal calon kepala daerah wilayah Sulsel.

Hadir pula anggota DPR dari Fraksi PDIP Sofyan Tan, Syamsu Niang, Sarce Bandaso Tandiasik, I Nyoman Parta, Komaruddin Watubun yang juga Ketua DPP Bidang Kehormatan, bupati dan wakil bupati, serta pengurus PDIP se-Sulsel.

(Reporter: Armand AR)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *