28 murid SD se-Kabupaten Nunukan perebutkan tiket seleksi KSN tingkat provinsi Kaltara

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Nunukan – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Nunukan H. Junaidi SH didampingi oleh Kabid Syahruddin SH.MM selaku kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Disdikbud Nunukan mengatakan pihaknya telah menyelenggarakan Kompetisi Sains Nasional (KSN) yang diikuti sebanyak 28 murid SD se-kabupaten Nunukan pada Kamis (12/4/2020).

KSN digelar setelah melalui seleksi ketat disetiap Sekolah dan seleksi lagi tingkat kecamatan setelah itu mengikuti Seleksi tingkat kabupaten yang diselenggarakan pada hari bertempat di SD.005 nunukan Barat kecamatan nunukan kabupaten nunukan Provinsi Kalimantan Utara.

Menurut Syahruddin SH,MM peserta disik dan Pembangunan karakter bahwa dari 28 Siswa yang mengikuti seleksi hari ini, adalah peserta yang sudah diseleksi oleh UPT ditingkat kecamatan seleksi yang kita selenggarakan di ikuti sebanyak 28 Siswa 14 kelompok IPA dan 14 Kelompok Matematika dan nanti kita akan Rangking mana yang terbaik dan setiap kelompok hanya terseleksi sebanyak 3 Orang Siswa /kelompok IPA 3 dan kelompok Matematika 3 0rang keseluruhannya 6 Orang dan 22 yang gugur.

“Dan dari 6 orang yang terseleksi KSN akan mewakili kabupaten nunukan untuk tingkatb Provinsi kalimantan Utara dan di kalimantan utara terseleksi terus menerus untuk mengikuti kompetisi sain nasional (KSN) ditingkat Nasional,” ujarnya.

Soal dan mata pelajaran yang di ujikan itu dari kementrian pendidikan yakni matematika dan Ilmu pegetahuan Alam (IPA).

Maksud dan tujuan diselenggarakan KSN tidak lain adalah untuk mengasah kemampuan siswa bagaimana siswa menyukai mata pelajaran matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan ini merupakan Agenda khusus dari kementrian pendidikan Republik Indonedia kita selenggarakan setiap tahun.

Ditingkat provinsi kalimantan Utara 5 kabupaten kota jadi 6×5 jadi 30 Siswa dan 30 ini terseleksi yang masuk juara satu juara dua dan tiga, jadi 6 Orang, yakni 3 Siswa Kelompok Matematika 3 Siswa Kelompok Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Menurut Sulambi S.Pd Guru SD.001 Sebatik juga sebagai panitia seleksi mengatakan bahwa bahwa hari ini seleksi KSN kompetensi sains nasional tingkat SD.

“28 Peserta yang Masing masing IPA ada 14 Peserta dan Matematik 14 peserta yang mewakili setiap UPTD,” katanya.

Tiap UPTD itu diwakili oleh 2 peserta IPA yang juara 1 dan juara 2 kemudian yang matematika juga begitu ada 2 peserta juara 1 juara 2 pihak UPTD dikirimkan untuk mewakili dari peserta.

Penyelenggaraannya dari dinas pendidikan begitu juga pengawasnya dari guru yang diseleksi oleh disdikbud.

Didakan seleksi setiap sekolah mana rangking satu dan rangking dua yang di ikutkan Kompetisi sains Nasional (KSN) diseleksi oleh UPT kemudian yang tersaring di situ juara 1 dan juara 2 untuk IPA dan Matematika. Ujar Sulami S.Pd. (Yuspal)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *