LSM GG : Banyak Mafia Tanah di PT IWIP dan PT WBN

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Maluku Utara – Keberadaan mafia tanah masih menjadi persoalan serius yang dihadapi pemerintah dan masyarakat Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng).

Mafia tanah sampai dengan saat ini menjadi salah satu aktor yang menyebabkan maraknya sengketa tanah. Bahkan masyarakat pemilik hak sendiri tidak tahu bahwa para mafia ini sedang berperkara di atas tanahnya.

Hal ini membuat Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gele-Gele geram dan melakukan aksi di Site PT Indonesia Wedabay Industrial Park (IWIP) dan PT Weda Bay Nikel, Kamis (12/3/2020).

“Kami mendesak Polres Halteng agar segera mengusut tuntas Mafia-Mafia tanah yang berada di PT IWIP dan PT WBN,” ungkap Koordinator Lapangan LSM Gele-Gele, Husen Ismail.

Masa aksi ini juga mendesak PT IWIP dan PT WBN agar melibatkan masyarakat pemilik lahan dan Instansi terkait pada setiap melakukan pengukuran, sehingga tidak terjadi transaksi atau pembayaran yang salah sasaran.

“Kami meminta pada saat melakukan pengukuran lahan, PT IWIP harus melibatkan masyarakat pemilik lah dan pihak BPN supaya tidak ada salah pembayaran atau yang mengaku-ngaku sebagai pemilik lahan,” harapnya.

Untuk diketahui, selama orasi ini berlangsung, tak ada satupun petinggi dari pihak PT IWIP dan PT WBN yang menemui masa aksi.

Aksi dikawal ketat oleh pihak Kepolisian dalam hal ini Polres Halteng, yang dipimpin oleh Wakapolres, Kompol Jasim Hoda.

 

 

Reporter : Sahwan

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *