Nurdin Abdullah hadiri malam Mappacci Putra Pertama Sukri Sappewali

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Bulukumba — Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Prof HM Nurdin Abdullah menghadiri malam Mappacci/Mappaccing anak AM Sukri Sappewali, di Rumah Jabatan Bupati Bulukumba, di Jalan Anggrek No 9, Caile, Ujung Bulu, Jumat, 13 Maret 2020.

“Selamat Pak Bupati,” ucap Nurdin Abdullah sesaat setelah disambut Sukri Sappewali.

Sukri Sappewali akan menikahkan putra pertamanya, Andi Muhammad Alif Putra Yudha dengan Wahyu Winarni.

Malam Mappacci atau Wenni Mappacci dalam bahasa Bugis, disebut juga akkorontigi dalam Bahasa Makassar, berarti malam mensucikan diri dengan meletakkan tumbukan daun pacar ke tangan calon mempelai oleh keluarga dan kerabat.

“Melalui prosesi Mappacci, calon mempelai telah melangkah memasuki bahtera hidup baru dengan penuh ketulusan, dan kesucian jiwa. Bersih hatinya, bersih pikirannya, bersih tingkah laku dan perbuatannya. Serta bersih itikadnya,” papar pemandu acara.

Prosesi mappacci diawali oleh Indo Botting dengan membakar lilin, kemudian pembacaan ayat suci Al-Qur’an. Selanjutnya, sambutan dari orangtua calon mempelai dan permohonan izin calon mempelai pria untuk membina keluarga. Acara berlangsung haru, karena ibundanya tercinta, Andi Rosna Rosman, telah meninggal dunia pada 2018 silam.

Nurdin Abdullah dipersilahkan menjadi yang pertama untuk membubuhkan daun pacar. Kemudian Wakil Bupati Bulukumba Tommy Satria, dan Ketua DPRD Bulukumba.

Sukri Sappewali mengaku terhormat atas kesediaan Nurdin Abdullah hadir secara langsung dalam prosesi adat ini.

“Saya hormati, saya banggakan dan kita cintai, Bapak Gubernur Sulawesi Selatan dalam hal ini selaku keluarga besar, adinda saya Prof. Nurdin Abdullah. Beliau hadir sebagai bentuk penghargaan kepada kami,” ucapnya.

Sukri mengakui, ia akan sempurna menjalankan tugas sebagai ayah ketika telah menikahkan semua anaknya dan bersyukur atas hal tersebut.

“Saya bersyukur karena saya bisa menikahkan (besok) anak pertama saya. Di periode pertama saya bisa menyelesaikan pendidikan ketiga anak saya. Dan di periode kedua ini, di akhir masa jabatan, saya telah menikahkan ketiga anak saya,” tuturnya.

Adapun akad nikah akan dilaksanakan pada Sabtu, 14 Maret 2020, di Sao Wajar, Ponre, Kecamatan Gantarang. Dilanjutkan resepsi pada malam harinya, di halaman Rumah Jabatan Bupati. Artis ibukota dari Kabupaten Bulukumba, Puput LIDA 2 Indosiar, dijadwalkan hadir mengisi acara.

 

 

 

Reporter : Muh Ali/Hms

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *