Obat Flu buatan Jepang efektif lawan Virus Corona

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jakarta – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan Virus Corona (COVID-19) dikategorikan sebagai pandemi. Alasannya, karena virus tersebut telah menyebar semakin luas di seluruh dunia.

Sampai saat ini belum ada vaksin maupun obat yang terbukti klinis manjur mengatasi Virus Corona (COVID-19). Namun, otoritas medis di China menyebutkan obat flu bermerek Avigan, efektif melawan virus corona (COVID-19).

Avigan merupakan obat favipiravir yang dikembangkan oleh Fujifilm Toyama Chemical yang dikembangkan untuk mengobati jenis (strain) baru infuenza terlihat efektif untuk menangani virus yang sedang mewabah itu.

Dikutip dari pharmaceuticaltechnology.com, pejabat Kementerian Sains dan Teknologi China, Zhang Xinmin mengatakan, penggunaan Favipiravir, yang dikembangkan oleh anak perusahaan Fujifilm, menunjukkan hasil menggembirakan. Obat tersebut telah diuji klinis pada 340 pasien di Wuhan dan Shenzhen.

“Obat tersebut memiliki tingkat keamanan yang tinggi dan jelas efektif saat digunakan dalam perawatan,” kata Zhang. Rabu (17/3).

Ia menambahkan, sejumlah pasien positif COVID-19 di Shenzhen, berubah jadi negatif, setelah diberi Favipiravir. Perubahan status terjadi setelah rata-rata 4 hari, jauh lebih cepat dari waktu 11 hari yang dibutuhkan bagi pasien untuk pulih tanpa obat tersebut, demikian seperti dikabarkan NHK.

Pemindaian dengan sinar-X (X-rays) juga mengonfirmasi peningkatan kondisi paru-paru pada 91 persen pasien yang diobati dengan favipiravir, dibandingkan 62 persen yang tidak mendapatkannya.

Sejauh ini belum ada konfirmasi atau pernyataan dari pihak Fujifilm Toyama Chemical, yang mulai mengembangkan produk obat tersebut sejak 2014. Favipiravir juga dikenal dengan nama lain, Avigan.

 

 

Red

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *