Covid-19 merebak, ETOS sarankan pemerintah segera lakukan lockdown total, ini alasannya

  • Whatsapp
Direktur Eksekutif ETOS Indonesia Institute Iskandarsyah

MITRAPOL.com, Jakarta – Semakin masifnya penyebaran covid 19 atau virus corona sudah masuk tahap yang memprihatinkan.

Hingga hari Minggu (22/3/2020) sudah tercatat 514 kasus positif covid 19 yang terjadi. Ini angka yang terus meningkat setiap harinya.

Ketika dihubungi lewat telepon, Direktur Eksekutif ETOS Indonesia Institute Iskandarsyah menyampaikan rasa keprihatinannya terhadap peristiwa yang tengah terjadi di negara ini.

“Pemerintah harusnya lebih tanggap atas peristiwa ini jauh sebelum ini menjadi krodit dan tidak terkendali. Negara seperti tak serius memikirkan rakyatnya, ini berbahaya” kata Iskandar, minggu (22/03/2020).

Iskandar menambahkan, negara tidak sepenuhnya hadir dalam menanggulangi wabah virus corona.

“Negara seperti tak hadir untuk rakyatnya, saya rasakan itu juga, tak ada keseriusan menanggulangi ini semua,” tambah Iskandar

Menurutnya Iskandar, Opsi teraman dalam hal ini adalah me- Lockdown semua wilayah negara ini, dari Sabang sampai Merauke, tak ada satupun bisa masuk wilayah RI dalam waktu yang pastinya ditentukan.

“Ini seperti negara membiarkan rakyat nya gugur satu persatu, Mall tetap ramai, kantor-kantor pun begitu, hanya tempat ibadah dan sekolah-sekolah yang diliburkan kegiatannya, jalananpun masih ramai dan macet, ini bukti memang negara tak serius melindungi rakyatnya,” jelas Iskandar.

Menurutnya, jikalau ini terus dibiarkan akan berdampak lebih buruk kedepan nya, baik untuk rakyat maupun terhadap kekuasaan. Tapi kalau pemerintah segera melakukan Lockdown di seluruh wilayah negeri ini, maka negeri ini terselamatkan.

“Saya yakin itu, jika pemerintah tegas lakukan Lockdown di seluruh wilayah negeri ini,” tegas Iskandar.

Ketika Iskandar ditanyakan, Apakah tindakan Lockdown akan mengganggu stabilitas ekonomi bangsa ini?

“Tidak juga, semua tergantung niat baik pemerintah, terpuruknya ekonomi kita sudah berlangsung tiga tahun lalu, harus diakui itu, tindakan Lockdown untuk seluruh wilayah di Indonesia, khususnya yg sangat berpotensi besar penyebaran covid 19 adalah tindakan negara menyelamatkan rakyatnya, itu yang harus dipikirkan, jangan sampai korban terus berjatuhan dari hari ke hari,” jawab Iskandar menutup pertanyaan.

(BS)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *