Jubir Covid-19 Mimika: Belum ada PDP dan ODP di Timika, alat tes Covid-19 besok tiba Timika

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika – Dihari ke-lima, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, Provinsi Papua melalui Tim Gugus Tugas Percepatan Pengendalian Corona Virus Desease 2019 (Covid-19), menyatakan belum menemukan adanya status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) maupun Orang Dalam Pemantauan (ODP) di wilayah Kabupaten Mimika.

“Sampai dengan hari ke-lima ini, belum ditemukan status PDP maupun ODP di Kabupaten Mimika,” kata Reynold Ubra selaku Jubir Covid-19 di Pos Penanggulangan Covid-19, SP 2, Timika Jaya, Senin, (23/3/2020).

Ubra menerangkan, hal ini diketahui berdasarkan laporan dari Satuan Sistem Kewaspadaan Dini dan Respons (SKDR) 24 Jam, yang terdiri dari 12 Fasilitas Kesehatan, 9 Puskesmas, 1 Rumah Sakit dan 1 Klinik di Timika.

“Hingga saat ini belum ada sampel terkait Covid-19 yang dikirim dari Timika ke Litbangkes Jakarta maupun Litbangkes Provinsi Papua,” beber Reynold Ubra.

Plt. Kadis Kesehatan Mimika ini juga menyebutkan, walaupun dilaporkan belum ada temuan PDP maupun ODP, hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan resmi secara tertulis terkait status Covid-19 di Timika, sehingga nanti akan diambil kesimpulan lanjutan setelah dilakukan evaluasi bersama pihak terkait.

Dirinya menyatakan, tim pengendalian Covid-19 Mimika mendatangkan alat tes Virus Covid-19 untuk mengetes warga Mimika secara mandiri pada besok harinya.

“Kabar gembira, besok, (Selasa 24 Maret) alat untuk tes covid-19 sudah tiba tiba Timika. Kita pesan 500 dari Jakarta tapi 200 alat test yang dikirim duluan, sisanya akan menyusul,” ujarnya.

Ubra menambahkan, dengan adanya alat Rapid Tes Anti Gen ini maka keberadaan Virus Corona di pasien langsung terdeteksi.

“Alat ini nantinya langsung mendeteksi Virus Covid-19, dan hasilnya akan diketahui secara langsung, selain itu akan ditangani langsung oleh dokter spesialis patalogi klinik,” terang Ubra.

Jubir Covid-19 Mimika ini menambahkan, keberadaan alat ini selain berfungsi untuk mendeteksi Vicod-19, juga untuk timnya mempercepat tindakan pengobatan dan dapat mengetahui warga yang terkontaminasi dengan Pasien dalam pengawasan (PDP) yang dinyatakan positif.

Selain itu, dirinya menjelaskan, sejak hari pertama hingga hari kelima pihaknya tengah berupaya semaksimal mungkin dalam mencegah masuknya pandemi Covid-19 di Timika. Mulai dari berbagai imbauan maupun penyemprotan disinfektan di berbagai titik di Mimika.

 

(Reporter: AQM)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *