Solidaritas cegah wabah corona, MPR gandeng PWI salurkan 1.000 paket bantuan APD

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jakarta – Pimpinan MPR bersama Kadin Indonesia, PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Pusat, PWI Jaya, Komunitas ojek online Garda (Gabungan Aksi Roda Dua), MBI (Motor Besar Indonesia), Gerak BS, Mustika Ratu dan Yayasan Puteri Indonesia membagikan seribu paket Alat Pelindung Diri (APD) kepada wartawan dan pengemudi motor.

Aksi Solidaritas MPR untuk memerangi virus corona (COVID-19) ini dilaksanakan di lobi Nusantara III, Senayan, Jakarta, Senin siang (23/3/2020).

Dalam kesempatan itu, Ketua MPR, Bambang Soesatyo secara simbolis menyalurkan seribu paket berisi masker, sarung tangan, hand sanitizer, vitamin C hingga jamu siap minum melalui setiap perwakilan.

“Apa yang kita lakukan baru seujung kuku kecil, hanya seribu paket yang kita siapkan untuk saudara-saudara kita yang bekerja di lapangan, wartawan dan yang menarik ojek online,” kata Bamsoet.

“Ya ini kan ada seribu, semua ada seribu tapi dibagikan ke perwakilannya langsung dari ojek online pakai mobil box diantar ke sentra-sentra ojek pangkalan,” lanjutnya.

Mantan ketua DPR itu pun menyerukan agar anggota dewan dapat menyisihkan gaji atau dana resesnya untuk membantu penanggulangan penyebaran virus corona.

“Jadi MPR mendorong solidaritas untuk fight melawan corona,” ucapnya.

Lebih lanjut, Bamsoet juga mengajak kementerian dan lembaga pemerintahan juga melakulan hal yang serupa.

“Misalnya, suasana libur gini di gerbang kementerian diberikanlah bantuan. Misalnya, atau melalui cara lain yang bisa membantu saudara-saudara kita yang di lapangan,” pungkas Bamsoet.

Ketua PWI Pusat, Atal S. Depari mengapresiasi kerja sama ini. Ia pun berharap kegiatan semacam ini juga diikuti instansi/lembaga lainnya demi meringankan beban masyarakat di masa tanggap bencana nasional COVID-19 yang telah ditetapkan sejak Jumat (20/3/2020) lalu.

Di tempat yang sama, Ketua PWI Jaya, Sayid Iskandarsyah menyampaikan bahwa PWI Jaya Peduli saat ini tengah menggalang donasi yang nantinya dibelikan kebutuhan APD untuk dibagikan kepada wartawan dan warga pekerja informal.

Menurut Sayid pula, masyarakat sekarang sudah banyak menyadari pentingnya mencegah penularan virus corona. Salah satunya dengan mengikuti imbauan pemerintah agar tidak melakukan aktivitas di luar rumah selama 14 hari ke depan dan social distancing.

Hadir di antaranya para Wakil Ketua MPR antara lain Zulkifli Hasan, Ketua PWI Pusat Atal S. Depari dan jajarannya, Ketua PWI Jaya Sayid Iskandarsyah, perwakilan dari Kadin Indonesia, Garda, MBI, Gerak BS, Mustika Ratu, Calista dan Ayu dari Yayasan Puteri Indonesia, Pengurus Pressroom DPR.

Hingga Senin (23/3/2020), jumlah orang positif corona di Indonesia mencapai 579 orang. Rinciannya 49 meninggal dunia dan 30 orang sudah dinyatakan sembuh. (*)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *