Jubir Covid-19 Mimika prediksi penyebaran Covid-19 akan muncul Minggu ini

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Reynold Ubra selaku Juru Bicara (Jubir) Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Mimika menyebutkan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Timika diprediksi akan bermunculan terhitung dalam Minggu ini.

Hal ini dinyatakan saat jumpa pers di Posko Percepatan Penanganan Covid-19 Mimika, Jalan. Timika Jaya, SP-2, Timika Kamis, (26/3/2020).

“Minggu ini adalah waktu keemasan kedua, dengan prediksi kami kasus (Covid-19) mulai muncul” Kata Reynold Ubra kepada wartawan.

Ubra menyatakan, kemunculan pengidap virus corona di Timika sesuai pengamatan dan perhitungan tim gugus tugas percepatan penanganan (TGTPP) Covid-19 Mimika pasca dilakukan penutupan Bandara dan Pelabuhan sebagai akses keluar masuk di wilayah Timika, Kabupaten Mimika, Papua.

“Cara penularannya harus kita putuskan, dan dekontaminasi virus melalui benda mati juga harus kita clear-kan,” terang Jubir Reynold.

Dirinya menambahkan, dalam menghadapi Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pemantauan (ODP), pihaknya akan memulai dari simulasi cara penanganan pada Sabtu, (28/3) besok.

“Simulasi besok, kita menggunakan dua skenario, yakni cara penanganan PDP untuk dirujuk, dan cara mengevakuasi ODP ke lokasi yang disiapkan,” beber Reynold Ubra.

Ditegaskan, hal ini dilakukan demi kesiapan medis yang baik dalam penanganan Covid-19 nantinya.

Oleh sebab itu, dirinya mengimbau agar masyarakat mengindahkan anjuran pemerintah daerah mimika untuk tenang dirumah dan menerapkan social distancing (jaga jarak).

Iya mengatakan, pihaknya akan mendatangi tempat-tempat yang dianggap berisiko tinggi semacam Rumah Sakit, Klinik Kesehatan, dan Bank dan lainnya untuk dilakukan penyemprotan disinfektan sepanjang hari.

Meskipun prediksi Pandemi Covid-19 mulai muncul namun hingga kini baru satu PDP ditemukan dan dikabarkan sudah membaik.

(Reporter : AQM)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *