Pasien positif Corona di Papua menjadi 9 orang, jumlah ODP meningkat 100 persen

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jayapura – Jumlah pasien positif corona bertambah 2 menjadi 9 orang di Papua. Peningkatan yang sangat signifikan juga terjadi pada Orang Dalam Pengawasan (ODP).

Peningkatan ODP hingga hari Senin (30/3/2020) mencapai 100 persen yang sebelumnya berjumlah 2.311 orang  bertambah menjadi 3.528 orang. Sehingga jumlah ODP di Papua saat ini menjadi 5569 orang.

Juru Bicara Satgas Covid 19 Papua Dr. Silwanus Sumule menyampaikan peningkatan ODP Covid-19 yang sangat signifikan di Papua sebenarnya bukan hal yang baru.

“Sebab itu hasil rekapan data tim kesehatan sebelumnya yang kami dapat dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Jayapura. Mereka sudah memberikan data kepada tim surveilans kami yang sudh bekerja luar biasa. Di mana data yang terkumpul saat ini sebanyak 4087 ODP, sementara data dari kabupaten/kota sebanyak 1482 orang,” kata Silwanus dalam rekaman wawancara yang disampaikan lewat group whatssap (WA).

Sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tetap pada angka 43 Orang, Memang ada peningkatan 3 Orang yang termasuk status PDP, namun pada kesempatan yang sama ada 3 orang yang sembuh dan sdh di pulangkan, sehingga jumlahnya tetap 43 orang.

“Tiga PDP yang baru ditempatkan di rumah sakit rujukan Biak Numfor, 1 orang dan 2 orang lainnya di rumah sakit Provita Jayapura,”ungkapnya

Silwanus juga mengimbau masyarakat agar memahami satu hal bahwa virus itu masih berpotensi menyebar jika tidak mematuhi anjuran pemerintah.

Sebab garis depan untuk memutus penyebaran Covid 19 ada ditangan Masyarakat. Sedangkan petugas kesehatan merupakan pertahanan terakhir yang mesti sama sama dijaga agar tak sampai jebol.

“Maka kami berharap agar masyarakat untuk tetap tinggal dirumah. Hanya melakukan aktivitas yang perlu dilakukan lalu tidak melakukan kontak dengan orang diluar rumah. Saya pikir kita jalankan intruksi dari pemerintah ini, kita optimis bisa memutus mata rantai penyebaran virus Covid -19,” tegasnya.

 

(Titin Suprihatin)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *