Keuchik Gampong Matang Rubeek dirikan posko pengaduan Covid 19

  • Whatsapp

MITRAPOL.l.com Aceh Utara – Mantan aktivis sosial pada tahun 2012/2018 yang sekarang menjabat sebagai Geuchik (Kades) Termuda di wilayah kecamatan langkahan kabupaten Aceh utara sigap tanggapi surat edaran bupati Aceh Utara nomor 414.25/ 613 dan surat edaran menteri desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi Republik Indonesia nomor 8 tahun 2020

Geuchik (Kades) gampong matang Rubeek Musliadi. SH dirikan posko pengaduan COVID 19 khususnya Gampong matang Rubeek dan umumnya untuk warga kecamatan Langkahan. Untuk melakukan pencegahan dan penyebaran virus Corona (covid 19) melalui dana desa. Selasa 31 /03/2020

Menindak lanjuti surat edaran tersebut, Geuchik gampong matang Rubeek langsung menggelar rapat dadakan bersama aparatur pemerintahan gampong dan tokoh masyarakat, PKK. Tokoh Agama. Tokoh pemuda untuk menindak lanjuti SE bupati Aceh Utara. Kata musliadi. SH

Dalam rapat tersebut diputuskan untuk mencegah penyebaran covid 19 perlu dilakukan Gampong siaga covid 19 dengan mendirikan posko pengaduan COVID 19 dengan sumber anggaran di alokasikan pada APBGP 2020 dengan alokasi anggaran 25 juta rupiah.

Adapun anggaran tersebut di prioritaskan untuk penyediaan APD dan jasa petugas selama bertugas di posko gampong siaga covid 19.

“Kami sepakati bersama agar semua aparatur pemerintah Gampong, tokoh masyarakat, kader posyandu, tim kesehatan dari puskesmas setempat agar bisa bekerja sama dan saling membantu dalam hal penanganan dan pencegahan COVID 19 dan mensosialisasikan bahaya covid 19 yang harus kita waspadai,” ujar Musliadi. SH.

Bhabinsa danramil 29 Langkahan Praka M. Rizal mengatakan, tujuan pembentukan posko pengaduan COVID 19 untuk meantisipasi penyebaran covid 19.

“Dengan adanya posko pengaduan ini kita berharap peran serta masyarakat untuk melawan wabah pandemi ini, kita meminta kepada masyarakat matang Rubeek dan sekitarnya, apabila ada keluarga atau saudara yang baru pulang dari luar derah maupun luar kota, agar segera melaporkan ke posko tedekat,” bebernya.

Dikonfirmasi terpisah pihak puskesmas simpang 3 Ners. Muhammad Nadhari.S.kep membenarkan adanya koordinasi pemerintah desa dengan pihak puskesmas setempat.

“Kami selalu siap untuk mendampingi gampong siaga covid 19 yang sedang dibentuk di gampong matang Rubeek, dan kami mengapresiasi sikap sigap Geusyik termuda,” ujarnya

Lanjutnya untuk meminimalkan penyebaran Covid-19 dengan membangun posko-posko siaga di gampong gampong, “Warga yang diketahui bersuhu tubuh di atas normal akan langsung dibawa menjalani perawatan isolasi di puskesmas,” pungkasnya.

 

(Reporter : Zul Aceh)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *