Miris, Makam Cina di Jalan Ahmad Yani Tejoagung Kota Metro tak terawat

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Metro Lampung – Pemandangan kurang baik terlihat di Makam Cina di Jl. Ahmad Yani Tejoagung ketika memasuki Kota Metro. Pasalnya Makam Cina Tejoagung terkesan kotor dan tidak ada perawatan dalam segala hal. Pantauan wartawan Mitrapol ke lokasi, Selasa ( 31/03).

Pemakaman Cina di Jl. Ahmad Yani Tejoagung berada di jalan protokol memiliki pagar tinggi dengan panjang hampir 100 meter dan ditanami pohon hias pucuk merah, namun sepertinya hingga pohon tumbuh menjulang tinggi tidak ada perapihan dan pemangkasan dan pagar tidak pernah dicat oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Metro, padahal lokasi Makam Cina Tejoagung berada di jalan protokol memasuki Kota Metro.

Menurut salah satu tukang becak yang tidak ingin disebutkan namanya, biasa mangkal di halte bus samping Makam Cina Tejoagung mengatakan, bahwa selama ini pagar makam tidak pernah ada perawatan terlihat kotor dan seram.

 

“Kuburan Cina Tejoagung ini enggak pernah di urus pak, pagar saja tidak pernah di Cat dan pohon sudah tinggi begini enggak di pangkas/potong. Pagarnya banyak di tempel gambar-gambar rokok dan sampah dimana-mana. Malu lah pak kalau ada yang melihat, apalagi dilihat orang luar Metro. Saya mangkal di sini sudah bertahun-tahun ya begini saja. Kalau bersih dan dirawat enak tidak serem,” ungkapnya.

Perlu diketahui bahwa makam memiliki fungsi utama sebagai tempat pelayanan publik untuk penguburan jenasah. Makam juga dapat berfungsi sebagai RTH (Ruang Tetbuka Hijau) untuk menambah keindahan kota, daerah resapan air, pelindung, pendukung ekosistem, dan pemersatu ruang kota, sehingga keberadaan RTH yang tertata di komplek makam dapat menghilangkan kesan seram pada wilayah tersebut.

Diharapkan kedepan Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Metro pada bidangnya dapat memperhatikan dan turun kelapangan bekerja dan membenahi segala permasalahan ini terutama di seluruh makam dan taman yang ada di Kota Metro.Karena saat ini sebagian taman dan makam dipinggir kota terkesan tidak terawat.Apalagi pemakaman cina di Jl.Ahmad Yani Tejoagung terletak diperbatasan dan sebagai pintu masuk ke Kota Metro.Jika ini terpelihara dengan baik,maka akan menjadi citra baik dan keberhasilan bagi sebuah Kota.Sehingga anggaran yang ada selama ini telah digunakan dengan benar.

 

 

Reporter : Muktaridi

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *