Bupati Mimika: Pemkab gelontorkan anggaran Covid-19 sebesar Rp172miliar

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika menggelontorkan dana sebesar 172 miliar rupiah untuk dukungan penanganan dan pencegahan virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Mimika.

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng kepada wartawan di Timika, Jumat (3/4/2020) menyatakan, Anggaran miliaran tersebut bersumber dari biaya tak terduga yang tergabung di APBD TA. 2020 ditambah dengan usulan dana tambahan.

“Kita (pemerintah) anggarkan dana besar untuk menjaga masyarakat Mimika dari virus Corona, dana ini sudah termasuk insentif tenaga medis yang menjadi garda terdepan tangani Covid-19,” kata Bupati Eltinus Omaleng.

Bupati menyebut, pemberlakuan penutupan penerbangan komersial dan akses keluar masuknya Kapal Pelni sangat tepat, terutama dalam mengetahui asal-muasal sebaran virus Corona di Timika.

“Kita di Timika, perhari penumpang yang masuk lewat bandara rata-rata mencapai seribu orang, sehingga kita batasi manusianya, sementara cargo barang untuk kesehatan dan perekonomian kita ijinkan masuk,” terang Omaleng.

Dirinya juga menyatakan, pemerintah daerah saat ini tengah berupaya genjot renovasi RSUD Mimika untuk fasilitas tambahan dalam penanganan Covid-19.

“Kami bangun 40 ruang tanbahan pasien terkait virus Corona, kita antisipasi jangan sampai jumlah pasien meningkat nantinya” terang Bupati Omaleng.

Selain itu, juga disediakan sejumlah ruang isolasi dengan standar terbaik dan dilengkapi dengan obat dan fasilitas penunjang kesehatan lainya termasuk APD,” ujar orang nomor satu di Mimika tersebut.

Dengan jumlah anggaran yang disiapkan, Bupati mengatakan, pihaknya akan menggunakan pihak ketiga melalui perusahaan swasta untuk belanja pengadaan barang terkait Covid-19 di Jakarta.

(Reporter : AQM)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *