DPRD Lebak pangkas Anggaran kunker lebih dari 2,5 M untuk penanganan Covid-19

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Lebak – Meningkatnya jumlah persebaran virus corona atau Covid-19 di Indonesia, tidak terkecuali di kabupaten Lebak, Banten, membuat DPRD Kabupaten Lebak tidak tinggal diam. Dalam Rapat Badan Anggaran yang digelar pada Rabu, (8/04) sekretariat DPRD Lebak sepakat untuk memangkas anggaran kunjungan kerja (kunker) hingga sebesar Rp 2,5 Milyar.

Ketua DPRD Lebak, Dindin Nurohmat mengatakan, inisiatif ini adalah bentuk kepedulian DPRD Lebak kepada rakyat di tengah meluasnya pandemi covid-19. “ Semoga sumbangsih dari kami para legislator ini dapat meringankan beban rakyat, khususnya kalangan bawah yang sangat terdampak secara ekonomi akibat pandemi ini” ungkapnya.

Dijelaskan Dindin, DPRD bersama Pemerintah Daerah telah melakukan refocusing anggaran untuk antisipasi dan penanggulangan wabah Covid-19.

“Sudah diajukan tapi kan butuh proses, yang pasti dana yang berasal dari hasil pemangkasan anggaran kunker ini selanjutnya akan disalurkan sesuai skala prioritas dengan kemampuan dana yang terkumpul. Sedangkan, alokasinya nanti akan digabungkan dengan yang dirumuskan oleh Pemerintah Daerah” tegas Ketua DPRD yang juga menjabat sebagai Sekretaris DPC Partai Gerindra Lebak ini.

Saat ini kebutuhan yang paling mendesak dirasakan warga khususnya kalangan kurang mampu adalah ketersediaan bahan pangan. Kebijakan pemerintah yang membatasi masyarakat dalam melakuan aktivitas di luar rumah berdampak terhadap kegiatan ekonomi mereka.

Selain itu, anggaran juga dibutuhkan untuk langkah pencegahan persebaran virus Covid-19 seperti sosialisasi, pemberian disinfektan, masker, hand sanitizer dan lainnya. Lalu, tentu saja yang terpenting lagi adalah penyediaan APD bagi para tenaga medis dan paramedis yang berada di garda depan dalam melawan Covid-19.

“Dengan adanya realokasi anggaran yang berasal dari pemangkasan kunker anggota dewan ini tentu diharapkan mampu menjadi solusi yang dibutuhkan masyarakat. Dalam situasi seperti sekarang, sudah seharusnya kita saling bahu membahu untuk membantu pemerintah, dan semoga dengan segala ikhtiar ini membuat kita bisa lebih cepat menghadapi ujian ini,” tegas Dindin.

 

 

Reporter : A4N

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *