Bantu ODP, Ketua PMI Muba: Tunjukkan solidaritas anda sesama warga satu RT

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Sekayu – Guna mendukung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba) dalam upaya percepatan penanganan COVID-19, khususnya menangani Orang Dalam Pemantauan (ODP), Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Muba Beni Hernedi menyerukan Gerakan Solidaritas Bantu ODP selama menjalankan masa isolasi mandiri.

“Banyak informasi yang saya terima, mereka yang berstatus ODP merasa seperti mendapatkan sanksi sosial. Mereka dikucilkan dari warga sekitarnya. Ingat! ODP belum tentu positif COVID-19. Harusnya Warga dalam 1 Rukun Tetangga (RT) wajib membantu dan mendukung serta memberikan semangat kepada ODP selama menjalankan isolasi mandiri 14 hari. Berempatilah kepada mereka. Tunjukkan solidaritas anda sesama warga satu RT,” seru Wakil Bupati Muba ini di Pokso Informasi & Bantuan Kemanusiaan Dampak COVID-19 PMI Muba, Kamis (9/4/2020).

Beni mengatakan dirinya telah menginstruksikan Jajaran Posko Informasi dan Bantuan Kemanusiaan Dampak COVID-19 PMI Muba untuk memprioritaskan membantu warga yang berstatus ODP. Upaya yang dilakukan adalah dengan menurunkan Timsus Kemanusiaan untuk melakukan Operasi Spraying Disinfektan di rumah ODP dan lingkungan sekitarnya dan Tempat Fasilitas Umum di lokasi tempat tinggalnya.

Kemudian Timsus akan memberikan edukasi kepada keluarga yang ada ODP tentang bagaimana cara merawat ODP selama masa isolasi mandiri.

Timsus juga bekerjasama dengan petugas kesehatan setempat untuk melakukan pemantaun kesehatan ODP secara berkala selama isolasi serta memberikan bantuan paket sembako sesuai kebutuhan masa isolasi.

“Saya berharap kedepan tidak ada lagi yang memberikan stigma macam-macam kepada mereka yang ODP. Apalagi sampai di viralkan sehingga semua orang jadi paranoid terhadap mereka. Kuncinya jika kita ingin mencegah penularan COVID-19 harus diawali dengan membantu mereka yang ODP menjalani masa isolasi bukan malah dijauhi. Prinsipnya jika kita mau menolong orang terkena musibah, Insya Allah, ketika giliran kita yang terkena musibah, semua orang pasti akan membantu kita,” harap Beni.

Sementara itu, dilansir dari www.covid19.mubakab.go.id Data Laporan Harian Pemantauan COVID-19 di Kabupaten Muba per tanggal 9 April 2020 pukul 07.00 WIB, menunjukan angka ODP sebanyak 189 Orang. 95 orang telah dinyatakan selesai pemantauan dan 94 orang sedang dalam pemantauan. Untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 10 orang, 4 orang selesai pengawasan dan 6 orang masih dalam pengawasan di RSUD.

(*/Bid. Humas & Publikasi PMI Muba)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *